Jangan Langsung Minum Kopi Saat Sahur Bahaya

61581 medium jangan langsung minum kopi saat sahur bahaya
Kopi adalah minuman berkafein paling populer di dunia. Minuman ini memiliki berbagai jenis seperti espresso, latte, cappucino, mocha, dan Americano yang mampu memenuhi berbagai selera. Kopi memang memiliki beragam manfaat baik bagi tubuh, namun konsuminya juga bisa menjadi buruk dalam keadaan tertentu.

Minum kopi dalam kondisi tepat dapat memberikan manfaat berupa pencegahan penyakit hati, kanker hati, diabetes tipe 2, dan penyakit Parkinsons. Kopi juga mengandung antioksidan yang diperlukan tubuh. Namun, Anda perlu juga mengetahui efek buruk yang akan terjadi ketika meminum kopi dalam keadaan perut kosong.

Selain itu, kopi juga sebaiknya tidak dikonsumsi mereka yang sedang hamil atau diminum dalam jumlah berlebih.

Langsung minum kopi saat bangun tidur seperti sahur, tanpa mengasup makanan lain dulu, ternyata bisa merusak sistem pencernaan. Kopi meningkatkan produksi asam klorida dan cairan lambung di perut yang berfungsi membantu meleburkan makanan.

Ketika perut kosong maka zat asam tersebut akan merusak bagian dalam perut dan membuat iritasi serta menimbulkan maag, seperti diinformasikan Torque Coffee Roasters (12/5). Efek kecanduan kopi juga dapat menimbulkan rasa mual, mulas, kembung, gangguan pencernaan, bahkan dapat menyebabkan muntah dalam situasi yang parah. Hal ini tentu akan mempengaruhi aktivitas Anda sehari-hari.

Orang yang sensitif terhadap gastritis akan merasakannya dengan cepat. Bahkan perut yang sehat pun akan merasakan dampak negatifnya. Untuk menanganinya, tambahkanlah sedikit susu pada secangkir kopi.

Ketika bangun tidur, tubuh memproduksi hormon kortisol yang membuat Anda terjaga dan lebih fokus. Hormon ini akan berkurang menjelang siang hingga sore hari. Konsumsi kopi di pagi hari dengan keadaan perut kosong dapat mengganggu hormon kortisol dan membuat tubuh merasa lemas dan lesu.

Perasaan lemas ini akan mengganggu aktivitas bekerja atau hal lainnya. Maka pastikanlah untuk mengonsumsi makanan padat sebelum minum kopi agar lebih berenergi selama seharian penuh, terlebih saat bulan puasa.

Konsumsi kopi juga dapat menyebabkan dehidrasi. Efek diuretik pada kopi membuat tubuh lebih sering buang air kecil dan menimbulkan pengeluaran cairan berlebih. Kebiasaan minum kopi sebelum makan juga dapat mengakibatkan naiknya tekanan darah atau meningkatkan detak jantung.

Kopi juga melepaskan hormon seperti epinefrin dan norepinefrin. Ini bisa membuat Anda mengalami perubahan suasana hati yang tidak menyenangkan. Dalam jangka panjang, kebiasaan ini akan memberikan efek negatif bagi seluruh tubuh dan turut memberikan efek psikologis. Lebih jauh lagi, minum kopi dalam keadaan perut kosong semakin menghilangkan nafsu makan seseorang.

Berat badan memang bisa turun, namun disertai efek samping seperti sakit kepala, sembelit, dan pusing. Karenanya disarankan untuk mengonsumsi makanan lain terlebih dulu sebelum menikmati kopi terlebih saat sahur di bulan puasa.

Sumber: Warta Kesehatan
Sudah dilihat 26 kali

Komentar