IPB Bakal Berganti Penyebutan Nama

48667 medium ipb
Oleh : Husnul Khatimah

DRAMAGA, AYOBOGOR.COM -- Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan perubahan penyebutan terjemahan nama dalam Bahasa Inggris menjadi IPB University.

Kabiro Hukum, Promosi dan Humas IPB, Yatri Indah Kusumastuti mengatakan pergantian penyebutan nama itu disampaikan oleh Rektor IPB, Arif Satria dalam sebuah sambutan di disebuah acara kegiatan IPB.

"Pergantian penyebutan nama disampaikan saat sambutan Rektor dalam acara Rabuan bersama IPB," ujar Indah saat dikonfirmasi, (30/1/2019).

Menurutnya pergantian penyebutan nama itu merupakan untuk sebutan branding IPB yang baru yang nantinya akan diputuskan melalui Majelis Wali Amanat (MWA) IPB.

"Hanya sebutan untuk branding saja, IPB tetap IPB, di sahkan nanti oleh Majelis Wali Amanat IPB," ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan dalam sambutannya Arif menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi (PT) harus mengevaluasi sejauh mana brand PT-nya diterima khalayak dan berada di mana brand IPB saat ini di mata para stakeholders-nya.

Arif menjelaskan kata "University" dipilih diawali dengan pemikiran bahwa IPB menawarkan program studi yang lebih banyak dan luas bukan hanya dari aspek pertanian dan kelautan. Selain itu dalam bahasa Inggris telah lama IPB menggunakan terminologi Bogor Agricultural University.

"Yang berubah dari brand IPB ini adalah jika awalnya “Bogor Agricultural University” terasa lebih panjang, maka disederhanakan menjadi “IPB University”, kata Arif.

Kemudian menurutnya hasil studi eksplorasi stakeholders memberikan masukan bahwa kata “Pertanian” dalam “Insitut Pertanian Bogor” sering diartikan secara sempit oleh calon mahasiswa maupun orangtua.

"Karena tawaran dari lembaga pendidikan ini sudah lebih banyak maka kata IPB University sebagai brand diyakini akan mempunyai asosiasi yang lebih luas dan menjanjikan value yang lebih tinggi," katanya.

Perubahan brand IPB tersebut menurutnya telah disampaikan dalam berbagai pertemuan dengan stakeholder, termasuk dalam rapat Senat Akademik. Selanjutnya sebutan Bahasa Inggris dan tagline baru ini akan disahkan melalui keputusan Majelis Wali Amanat.

Sudah dilihat 54 kali

Komentar