Introvert itu apa?

37132 medium post 45162 4c71ace0 0c47 4af6 a6f1 63afb950682b 2018 10 26t01 00 59.592 07 00
Introvert atau kepribadian introversion adalah orang yang cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan mood yang berasal dari dalam diri sendiri alias internal, dibandingkan dengan mencari stimulasi yang berasal dari luar.

Istilah Introvert Extrovert dan Ambivert pertama kalinya di populerkan oleh seorang psikolog terkenal dari Swiss. Psikolog yang bernama Carl Gustav Jung (C.G Jung).

C.G Jung mengungkapkan. Bahwa konsep dan tolak ukur utama untuk melakukan analisa psikologi terhadap seseorang adalah dengan meneliti sifat individual mereka. 

Introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. – C.G Jung

Mengenali Ciri-ciri Kepribadian Introvert

Beberapa ciri umum dari introvert adalah:

Introvert adalah kepribadian yang cenderung menyimpan perasaan sendiri.

Terlihat pendiam atau menarik diri ketika berada di tengah-tengah sekumpulan orang yang tidak mereka kenal baik.

Sangat sadar diri dan memikirkan segala sesuatu sebelum bertindak.

Merupakan pengamat yang baik dan cenderung mempelajari situasi sekitarnya melalui pengamatan terlebih dahulu.

Lebih mudah bersosialisasi jika bersama dengan orang yang sudah mereka kenal baik.

Jika Anda termasuk dalam kategori kepribadian ini, maka besar kemungkinannya Anda akan sering menyadari atau lebih suka berdiam diri ketika berada di tengah banyak orang, terlebih lagi jika orang-orang di sekeliling Anda adalah orang yang belum dikenal.

Beberapa ciri lain yang kemungkinan masuk dalam kategori introvert adalah:

Cenderung menghindari kontak mata dengan orang lain

Pasalnya orang dengan kepribadian ini akan cenderung menghindari kontak mata, terutama dengan orang yang belum mereka kenal. Mereka dapat merasa malu jika berhadapan dengan orang baru dan terkesan menghindari orang tersebut, padahal sebenarnya orang sedang mencoba melindungi dirinya sendiri dan tidak ingin merasa terintimidasi dengan keberadaan orang tersebut.

Lebih sering melakukan self talking atau berbicara pada diri sendiri

Namun tidak perlu terlalu khawatir, kepribadian introversion yang Anda miliki cenderung lebih ke arah mengekspresikan perasaan tanpa ingin merasa dihakimi sehingga lebih mudah bagi mereka berbicara kepada diri sendiri atau bahkan kepada benda mati. Anda tidak gila, ini memang keunikan dan karakter yang kepribadian Anda miliki.

Tips Mengembangkan Diri untuk Introvert

Jika Anda merasa memiliki kepribadian introvert, jangan malu. Anda juga tidak perlu menutupi. Nikmatilah tipe kepribadian Anda dan kembangkan ke arah positif. Berikut beberapa saran untuk Anda yang bersifat introvert agar dapat mengembangkan diri, sekaligus tetap menjaga kesehatan emosional.

Menulis tentang hal-hal yang menarik
Topik yang Anda tulis tidak harus tentang diri Anda sendiri. Anda juga bisa menggunakan jaringan sosial dan membangun hubungan yang kuat dengan banyak orang. Kegiatan semacam ini akan meningkatkan kemampuan komunikasi dan bersosialisasi.

Mendalami bidang yang diminati
Cobalah untuk mendalami suatu hal hingga Anda menjadi ahli dalam bidang tersebut. Lanjutkan dengan menuliskannya dan berbagi pengetahuan tersebut kepada orang lain dengan bidang yang sama.

Melakukan interaksi sederhana
Lakukan interaksi sederhana, seperti menyapa orang dengan kontak mata yang baik. Upayakan untuk melakukan percakapan kecil dengan beberapa orang.

Belajar public speaking
Mengikuti latihan public speakingmembuat Anda lebih mampu berbicara di depan banyak orang. Hal ini juga merupakan penyaluran energi yang sangat efisien bagi seorang introvert.

Menikmati waktu sendiri
Sesekali luangkan waktu untuk diri sendiri, atau populer disebut me time. Kegiatan ini berguna sebagai upaya menyegarkan diri dari kepenatan.

Sumber:
https://psyline.id/ciri-ciri-introvert-extrovert-dan-ambivert/
https://hellosehat.com/uncategorized-id/tentang-kepribadian-introvert/
https://www.alodokter.com/tipe-kepribadian-introvert-bukan-berarti-buruk
Sudah dilihat 22 kali

Komentar