Ini Perbedaan Teknik Informatika dan Sistem Informatika

26024 medium post 35250 1f80bbeb f690 4c4d a259 3b3ec3ddedf2 2018 05 27t19 57 36.757 07 00
Terkadang ada pertanyaan seperti ini bagi calon mahasiswa yang mau mengambil jurusan kuliah atau program studi (prodi) tentang teknologi informasi: apakah mengambil "TEKNIK INFORMATIKA" atau "SISTEM INFORMASI"?
Perbedaan dari jurusan teknik informatika dan sistem informasi mungkin mirip dengan perbedaan jurusan kedokteran dan kesehatan masyarakat. Yang satu lebih bersifat teknis, satunya lebih bersifat manajerial.
Dokter bertugas mengobati orang sakit, sarjana kesehatan masyarakat bertugas mengelola rumah sakit. Misal menjadi kepala rumah sakit, puskesmas, atau lembaga kesehatan lain.
Dikutip dari laman resmi Universitas Bina Nusantara dan Universitas Indonesia, berikut perbedaan dari kedua prodi tersebut:
Teknik Informatika
Kemampuan: Menekankan kemampuan dalam merancang dan mengembangkan ragam algoritma komputasi.
Variasi nama prodi: Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya.
Kurikulum: Kurikulumnya sangat kental ilmu pengetahuan terkait logika matematika, komputasi, dan algoritma yang dalam model terapannya dinyatakan dalam pengembangan program komputer.
Cakupan ilmu: Spektrumnya sangat beragam dari sangat teoritis dan algoritmis hingga bersifat sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas.
Cakupan bidang: Mencakup bidang komputasi meliputi pemrograman, perancangan dan analisis algoritma, arsitektur komputer, sistem operasi, jaringan komputer, teori komputasi, sistem cerdas, rekayasa perangkat lunak, analisis numerik, dsb.
Tujuan: Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di bidang Teknologi Informasi melalui pemanfaatan Ilmu Komputer, di antaranya desain algoritma dan implementasinya untuk mengembangkan perangkat lunak yang berkualitas hingga pemutakhiran aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, pengolahan informasi multimedia, keamanan informasi dan jaringan, serta pengolahan data besar.
Sistem Informasi
Kemampuan: menekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi.
Variasi nama prodi: Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Sistem Informasi, Manajemen Informasi, dan lain sebagainya.
Kurikulum: Kurikulum ditekankan pada bagaimana memastikan agar teknologi dan sistem informasi yang dimiliki selaras dengan strategi bisnis perusahaan, agar dapat tercipta keunggulan kompetitif dalam bersaing.
Cakupan ilmu: Fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi. Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan.
Cakupan bidang: Mencakup fondasi bidang bisnis, meliputi administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen, sistem informasi, sistem informasi akuntansi dan keuangan, sistem-sistem perusahaan, arsitektur dan pemrograman aplikasi perusahaan.
Tujuan: Dirancang untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional, terutama terkait dengan pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi/Teknologi Informasi dalam suatu organisasi.
sumber : kompas.com
Sudah dilihat 60 kali

Komentar