Ini Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Header illustration
Jahe merupakan bumbu dapur yang mudah ditemui di Indonesia. Jahe memiliki manfaat untuk membuat masakan menjadi lebih sedap dengan aroma yang hangat. Ternyata bukan hanya itu saja manfaat jahe yang bisa Anda dapatkan. Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

Manfaat-manfaat tersebut di antaranyaa adalah:

1. Meredakan mual
Jahe dapat meredakan rasa tak enak pada perut yang menyebabkan Anda merasa mual. Para peneliti menyarankan Anda untuk menggunakan jahe untuk mengatasi mual yang diakibatkan oleh mabuk perjalanan, kehamilan, bahkan efek kemoterapi. Anda dapat memanfaatkan jahe dengan cara merebusnya lalu meminum airnya atau mencampurkannya ke dalam teh. Bila ingin lebih praktis, Anda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk permen.

2. Mengatasi kembung dan konstipasi
Jahe juga dapat mengatasi masalah perut lainnya seperti kembung dan konstipasi. Jahe memiliki enzim pencernaan yang disebut zingibain yang dapat membantu untuk memecah protein. Sehingga membuat makanan yang Anda konsumsi lebih mudah dicerna. Hal tersebutlah yang dapat mengurangi kembung atau sembelit yang Anda alami.

3. Melawan infeksi
Saat sedang merasa tidak enak badan, Anda sebaiknya mulai mengonsumsi jahe. Jahe memiliki senyawa aktif bernama gingerol yang dapat membantu Anda melawan virus. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology bahkan membuktikan bahwa jahe segar efektif dalam melawan virus penyebab infeksi pernapasan.

4. Mengurangi nyeri haid
Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine menemukan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen dalam mengatasi nyeri haid. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mencampurkan dua sendok makan jahe bubuk ke dalam air panas, lalu tambahkan lemon atau madu untuk menambah rasa.

5. Mengurangi peradangan
Gingerol merupakan antioksidan dalam jahe yang dapat membantu mengurangi peradangan. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ekstrak jahe dan salep jahe dapat mengurangi kekakuan dan rasa sakit pada penderita osteoarthritis. Suplementasi jahe juga dapat mengurangi nyeri otot yang terjadi setelah berolahraga. Jahe dalam bentuk minyak esensial juga dapat melancarkan peredaran darah dan meredakan otot yang lelah.

sumber : health.id
Sudah dilihat 11 kali

Komentar