IKHTIAR WARGA DUSUN BUJAK MELAWAN COVID-19

7 April 2020, 09:48 WIB
2 2 300
Gambar untuk IKHTIAR WARGA DUSUN BUJAK MELAWAN COVID-19
Dusun Bujak - Penyebaran Covid-19 di Indonesia telah sangat meresahkan. Pemerintah Indonesia telah menyatakan Covid-19 sebagai Bencana Nasional yang menimbulkan korban jiwa serta kerugian materil dan telah berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Langkah antisipasi dampak bencana tersebut dilakukan upaya-upaya penanganan Siaga Darurat untuk meminimalisir dampak bencana bencana dan penanganan yang bersifat cepat, tepat , terpadu dan komprehensif serta melibatkan seluruh perangkat Daerah dan Instansi yang terkait baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota sesuai standar dan prosedur penanganan pada masa siaga Darurat Bencana Non Alam.

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya Kabupaten Lombok Tengah semua komponen masyarakat bahu membahu untuk melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus dengan membuat program-program pencegahan. Hal inipun dilakukan oleh para kadus dan warga yang ada di desa Bujak khususnya di dusun Bujak, Desa Bujak Keamatan Batukliang Lombok Tengah. Menurut pantauan penulis terkait dengan penanganan penyebaran Covid-19, kadus dusun Bujak Bapak Tanzil mengjak warga dusun untuk bersama-sama mendukung himbauan pemerintah, khususnya pemerintah Lombok Tengah. Hasil wawancara penulis dengan bapak kadus Bujak terkait langkah-langkah strategis yang telah dilakukan dalam rangka menangkal penyebaran Covid-19. Beliau menyampaikan, bahwa, “dalam rangka menangkal menyebarnya virus ini pemerintah dusun bersama para ketua RT duduk bersama untuk menyusun beberapa program yang dianggap efektif untuk penanganan penyebaran virus ini”. Selanjutnya dalam pertemuan tersebut dibahas bagaimana implementasi dari program yang telah disusun agar bisa terlaksana seara efektif, demikian imbuhnya.

Selanjutnya Bapak Kadus Bujak menyampaikan program-program yang dilakukan. Ada tiga (3) tahapan yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pencegahan dan tahap evaluasi. Pada tahap persiapan, ada beberapa langkah yang dilakukan diantaranya; Sosialisasi penegahan Covid-19 dengan memasang spanduk berisi langkah-langkah penegahan penyebaran Covid-19, kemudian himbauan-himbauan lewat pengeras suara di masjid terkait dengan kiat-kiat apa yang harus dilakukan warga dusun untuk mencegah Covid-19 misalnya kalau keluar rumah harus menggunakan masker, sering-sering mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, tetap jaga jarak dan tinggal di rumah keuali ada urusan yang sangat mendesak. Dan himbauan yang sangat ditekankan bapak kadus terhadap warga beliau adalah tidak mengadakan acara-acara yang mengundang kerumunan atau berkumpulnya waraga di satu titik, misalnya acara pernikahan, aara nyongkolan dan sebagainya. Langkah persiapan berikutnya adalah pembentukan tim penegahan dengan melibatkan semua ketua RT dan organisasi remaja masjid. Selanjutnya menyusun jadwal piket untuk mengetahui siapa melakukan apa, dan kapan.

Tahapan berikutnya adalah pencegahan. Upaya-upaya yang dilakukan pada tahapan ini adalah; mewajibkan semua warga dusun Bujak menggunakan masker, kemudian langkah selanjutnya melakukan penyemprotan di masjid dan rumah-rumah warga dengan cairan disinfektan yang dibuat sendiri oleh anggota remaja masjid At-Taqwa Dusun Bujak. Langkah penegahan berikunya adalah pembuatan portal-portal di setiap gerbang gang masuk perkampungan dengan tujuan untuk membatasi orang yang keluar masuk kampung, karena tidak bias dijamin bahwa orang yang lalu lalang masuk kampung bebas dari Covid-19 atau tidak. Kalaupun ada orang asing masuk kampung karena kepentingan yang sangat urgen atau mendesak tetap diperbolehkan masuk asal mencuci tangan dulu dengan sabun dan hand sanitizer yang sudah dipersiapkan di depan portal sebelum masuk gang dan wajib menggunakan masker, kalau tidak maka mereka tidak diperkenankan masuk kampung.

Perlakuan ini juga dilakukan sama dengan warga kampung yang sudah keluar kekampung atau tempat lain. Sebelum kembali masuk kampung wajib mencuci tangan dan juga menyemprot tangan dengan hand sanitizer yang telah disediakan pemerintah dusun Bujak. Tahap penegahan yang paling diprioritaskan adalah apabila ada warga kampung yang memiliki riwayat perjalanan ke zona merah Covid-19, maka kepala dusun segera melaporkan ke pemerintah desa untuk segera dilakukan tindakan-tindakan kepada orang tersebut apakah akan ditetapkan sebagai Orang Dalam Pantauan (ODP), atau Pasien Dalam Pantauan (PDP) ataupun sudah Positif untuk segera dibawa ke rumah sakit rujukan untuk diisolasi.

Tahapan yang terahir yaitu tahap evaluasi. Tahapan ini sangat penting dilakukan apakah program yang telah dilaksanakan tersebut efektif atau tidak dan evaluasi ini dilakukan oleh Kadus bersama RT dan remaja masjid setiap minggunya. Dari hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh bapak kadus adalah masih ada beberapa warga kampung yang tidak mengindahkan himbauan untuk tidak membuat acara. Langkah yang dilakukan bapak kadus adalah dengan mendatangi warga yang membuat acara dan diberikan penjelasan terkait bahaya dan cara penularan Covid-19. Apabila dengan cara tidak diindahkan maka Bapak Kepala Dusun berkoordinasi dengan pemerintah Desa terutama kepada POLMAS Desa Bujak untuk mengentaskan masalah-masalah yang tidah bisa tertangani oleh pemerintah dusun.

#wargalawancorona3

  2 Komentar untuk IKHTIAR WARGA DUSUN BUJAK MELAWAN COVID-19

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020