Hujan Deras Menyebabkan Tanah Longsor

18 March 2019, 1:56
1 0 216
Gambar untuk Hujan Deras Menyebabkan Tanah Longsor
Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo dan khususnya di Desa Kebonharjo sejak Minggu dini hari (17 Maret 2019) kemarin menyebabkan tanah longsor di beberapa dusun. Tanah longsor pun juga menerjang beberapa akses jalan utama yang menggubungkan antar dusun. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Dari hasil pantauan relawan FPRB Desa Kebonharjo, Relawan JKM dan warga masyarakat di lapangan, hujan meningkat intensitasnya disertai angin kencang sejak pukul 16.00-20.00 WIB. Beberapa titik yang mengalami longsor antara lain di Dusun Kleben yaitu longsor menutup badan jalan Ngori - Kleben - Prangkokan dan sisi selatan jalan Kleben - Pelem Dukuh tepatnya di Dusun Gebang juga mengalami longsor yang menutup badan jalan. Sehingga dari tiga titik lokasi wilayah selatan tersebut untuk kendaraan roda empat tidak bisa melintas.
Untuk kendaraan roda dua bila melewati harus berhati-hati.

Sementara dari sisi barat di Dusun Gowok Desa Kebonharjo juga mengalami tanah longsor tepatnya di lokasi jalan baru proyek bedah menoreh. Lereng bukit setinggi 8 meter diatas jalan baru longsor dan menyebabkan jalan tertutup material longsor yang cukup banyak dan menutup akses jalan baru tersebut. Sehingga oleh relawan JKM Kordes Kebonharjo sudah dipasang police line agar bagi yang melintasi jalan itu jika turun hujan untuk selalu berhati-hati dan waspada. Satu pohon kelapa diatas longsoran mengancam rumah milik bapak Wantoyo dan sebuah garasi milik bapak Supriyono terdampak ambrol akibat hujan deras tersebut. Kemudia data rumah akibat hujan lebat dan tertimpa tanah longsor juga terjadi di Dusun Prangkokan Desa Purwosari Girimulyo menyebakan satu rumah terkena material tanah longsor atas nama Ibu Painem dan tidak ada korban jiwa.

Sampai berita ini dibuat dari masing-masing wilayah terdampak tersebut sudah dikondisikan oleh warga,relawan dan Babin Desa Kebonharjo.

Hujan dan angin kencang masih berpotensi terjadi di wilayah DIY. Oleh sebab itu dimohon selalu meningkatkan kewaspadaannya.

#Gowok#Desakebonharjo

  Komentar untuk Hujan Deras Menyebabkan Tanah Longsor

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!