Hasil Pengukuran IKF Lamaranginang

2 0 43
Gambar untuk Hasil Pengukuran IKF Lamaranginang
Sebagai forum belajar yang masih baru, Simpul Belajar Lamaranginang masih perlu untuk banyak memperkuat diri baik secara kapasitas teknis, keterampilan maupun pengetahuan anggota dan secara simultan memperkuat kelembagaan simpul sendiri. Hal ini sesuai dengan hasil pengukuran IKF diperoleh skor posisi forum 1,80. Ini berarti Simpul Belajar Lamaranginang masih berada pada posisi NASCENT (Levrel 1) yang berarti butuh intervensi yang lebih kepada peningkatan kapasitas internal forum terutama dalam hal efektifitas, efisiensi internal sistem forum, dan penguatan SDM untuk mengelola system tersebut.

Dari hasil pengukuran Indeks Kinerja Forum dengan menggunakan platform googleform, terdapat 11 subdomain yang skoringnya masih 1 (lemah atau kurang), yaitu: 1). Suara dan akuntabilitas, 2), Kelompok kerja terbentuk. 3), Pemantauan dan evaluasi, 4). Kesadaran masyarakat, 5). Mekanisme komunikasi, 6). Keterampilan anggota simpul, 7). Keterlibatan anggota, 8). Membangun aliansi, 9). Pertukaran pengetahuan, 10). Inovasi dan eksprimen, 11). Kapasitas pengembangan organisasi, dan 12). Lingkungan pendukung.

Sedangkan 2 subdomain yang di atas skor 2 atau agak baik, yaitu: 1). Strategi taktik, dan 2). Sumberdaya. Namun bukan berarti, tidak perlu lagi dilakukan intervensi terhadap kedua subdomain tersebut.

Hasil itu diperoleh setelah dilakukan review hasil IKF dan pengukuran ulang pengisian Platform IKF-googleform secara online. Hasil pengukuran IKF ini yang akan dianalisis lagi sinkronisasinya dengan area pengembangan kapasitas yang disiapkan oleh Technical Assistance (TA) atau Srevice Provider (SP) MADANI-USAID-FHI360 untuk menjadi patokan penentuan Rencana Aksi Simpul Belajar Lamaranginang yang dibuat berdasarkan 5 domain yaitu: 1. Tata Kelola dan Pengorganisasian, 2. Manajemen Kolaboratif, 3. Sistem Komunikasi dan Hubungan Jaringan, 4. Keahlian Teknis Jaringan atau Anggota, dan 5. Sumberdaya.(*)

Ket: Sambungan dari tulisan sebelumnya yang dapat anda simak pada link berikut; https://www.atmago.com/posts/simpul-belajar-lamaranginang-susun-rkpkfisu-tematik_d6c40f5b-3a27-4b1e-a3e6-954a4334e3e6

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Hal Loker

    yoga libiya  di  Setiabudi, Jakarta Selatan  |  12 Jan 2021
  2. PMI Kota Bandung Gelar Pelatihan Jurnalistik

    Rudi S  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  3. PMI Kota Bandung Kembali Mengirimkan Relawan ke Bencana Longsor Sumedang

    KSR PMI Kota Bandung  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  11 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 12
    Komentar

    KSR PMI KOTA BANDUNG GELAR PELATIHAN JURNALISTIK DASAR

    dede adi sukmana  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  2. 8
    Komentar

    PMI Kota Bandung Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik

    Annisa Qurrotu Ainy  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  10 Jan 2021
  3. 7
    Komentar

    PMI Kota Bandung Kembali Mengirimkan Relawan ke Bencana Longsor Sumedang

    KSR PMI Kota Bandung  di  Bandung Wetan, Bandung Kota  |  11 Jan 2021
  4. 6
    Komentar

    Hal Loker

    yoga libiya  di  Setiabudi, Jakarta Selatan  |  12 Jan 2021