Haruskah Saya Pakai Toner Wajah Setiap Hari?

48781 medium post 55277 0cf094f6 59dc 4141 85ce 2ade9395b587 2019 02 03t19 03 59.146 07 00
Saat ini, banyak wanita rela melakukan berbagai macam perawatan untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat. Salah salah satu caranya dengan menambahkan toner ke dalam rangkaian perawatan kulit. Ya, toner merupakan salah satu skincare yang tengah populer saat ini. Namun, haruskah toner wajah dipakai setiap hari? Cek faktanya dalam artikel ini.

Apa itu toner wajah?

Toner adalah produk kecantikan yang berbasis air dan mengandung berbagai bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah kulit tertentu. Biasanya, produk kecantikan satu ini digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum penggunaan pelembap.

Pada dasarnya fungsi toner bervariasi, tergantung dari bahan aktif apa saja yang terkandung di dalamnya. Namun secara umum, toner berfungsi untuk mempersiapkan kulit sebelum Anda menggunakan berbagai produk skincare. Toner juga berfungsi untuk mempertahankan pH kulit, membersihkan sumbatan pada pori sehingga pori tidak tertutup, mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi kelebihan minyak pada wajah, serta menghidrasi dan menutrisi kulit.

Apakah ada batasan usia untuk pakai toner wajah?

Sebenarnya tidak ada patokan pasti usia berapa seseorang bisa pakai toner. Namun secara umum, setelah usia pubertas, sekitar usia 14-15 tahun, seseorang sudah bisa mulai menggunakan toner dalam rangkaian perawatan wajahnya.

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa harus usia pubertas? Jawabannya karena setelah seseorang memasuki masa pubertas, biasanya kondisi kulit akan mengalami perubahan seiring dengan perubahan hormonnya. Nah, di saat itulah mungkin toner sudah mulai dibutuhkan.

Meski begitu, penggunaan toner pada remaja harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit masing-masing. Jika Anda ragu, Anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kulit.

Haruskah saya pakai toner setiap hari?

Nyatanya, Anda tidak harus memasukkan toner sebagai rangkaian perawatan kulit harian. Pasalnya, semua skincare pada dasarnya digunakan sesuai kebutuhan kulit pemakainya.

Jika kulit Anda dirasa membutuhkan toner sebagai perawatan, silakan digunakan. Sementara jika kulit Anda terasa baik-baik saja tanpa pakai toner, Anda tidak perlu memakainya. Jadi, sah-sah saja jika Anda hanya cuci muka dan pakai pelembap saja.

Apabila Anda memasukkan toner sebagai rangkaian perawatan harian, toner cukup digunakan sehari 1-2 kali setelah membersihkan wajah. Namun ingat, semuanya kembali kepada kebutuhan masing-masing kulit.  

sumber: hello sehat
foto: hellosehat
Sudah dilihat 62 kali

Komentar