Hari jadi Kabupaten Kediri ditandai lewat upacara peringatan

23063 medium img 20180325 wa0011
Kediri. Peringatan hari jadi Kabupaten Kediri ke 1214 berlangsung di halaman Pemkab Kediri dan agenda tahunan ini diikuti Bupati Kediri Haryanti Sutrisno yang juga bertindak selaku inspektur upacara, Danbrigif 16/WY Letkol Inf Slamet Riyadi, Dandim Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno, Kapolresta Kediri AKBP Anton Haryadi, Ketua DPRD Kediri M.Sulkani, Kepala Pengadilan Negeri Kediri Setyanto Hermawan serta kepala Kejaksaan Negeri Kediri Subroto ,minggu (25/03/2018)

Dalam peringatan ini, juga dibacakan Prasasti Harinjing yang merupakan bukti otentik dari keberadaan Kediri sebagai suatu pemerintahan, sekaligus sebagai acuan peringatan hari jadinya ke 1214. Adanya penyebutan nama Kadiri ada pada tiga prasasti Harinjing yang berada di Desa Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Isi dari ketiga prasasti Harinjing adalah tokoh dari desa Culanggi bernamakan Bagawanta Bhari yang memperoleh anugerah tanah perdikan dari Raja Rake Layang Dyah Tulodong. Kiprah Bagawanta Bhari ketika itu, yaitu upaya untuk menyelamatkan lingkungan dari amukan banjir tahunan yang mengancam daerahnya tersebut.

“Ucapan rasa syukur pada hari yang berbahagia ini ,kita dapat memperingati hari jadi Kabupaten Kediri yang ke 1214. Terima kasih kepada seluruh Muspida dan Muspika yang berada di ruang lingkup kerja Kabupaten Kediri, serta seluruh warga Kabupaten Kediri atas dukungan dan partisipasinya mensukseskan pembangunan di Kabupaten Kediri,” kata Haryanti Sutrisno.

Lanjutnya ,”Tingkatkan profesionalisme, kuantitas dan kualitas dalam pelayanan kepada masyarakat dengan semangat gotong royong saiyeg dan semangat bagawanta bhari.”

“Dalam peringatan 1214 tahun ini, bukan waktu yang singkat, dalam kurun waktu tersebut sedikit demi sedikit masyarakat Kabupaten kediri terus membangun hingga kabupaten Kediri berkembang seperti saat ini,” pungkasnya.

Upacara peringatan hari jadi Kabupaten Kediri ini juga diikuti Danramil jajaran Kodim 0809/Kediri, Kapolsek jajaran Polres Kediri, Camat jajaran Pemkab Kediri serta 2 SST pelajar, 2 SST mahasiswa, 1 SST kepala desa, 9 SSK SKPD dan PNS Pemkab Kediri.

Sudah dilihat 47 kali

Komentar