Harga Cabai Merah Keriting Naik Di Bekasi

21129 medium prediksi daftar lengkap harga cabe merah keriting hari ini februari 2016 e1453998298907
Harga cabai merah keriting di beberapa pasar di Kota Bekasi terpantau naik. Kenaikan harganya dari semula Rp 35 ribu perkilogram, saat ini mencapai Rp 40 ribu perkilogram.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Bekasi, Makbullah mengatakan kenaikan harga cabai merah keriting disebabkan pasokan cabai yang kurang. "Saat ini cuaca sedang hujan terus, sehingga menimbulkan gagal panen di beberapa daerah yang memasok cabai," ujarnya kepada Republika, Jumat (2/2).

Dia mengatakan, harga cabai terpantau melambung di dua pasar di Kota Bekasi yakni di Pasar Baru Bekasi Timur dan Pasar Kranji. Ia menyebut, dua pasar itu menjadi pasar yang tolak ukur dari pasar-pasar lainnya di Kota Bekasi. "Di Pasar Kranji juga ditemukan harga cabai merah keriting meningkat sekitar Rp 5 ribu per kilogramnya," katanya.

Makbullah mengatakan, harga cabai yang meningkat itu juga bervariasi. Tergantung di mana para pedagang mengambil pasokan cabai. Misalnya, pedagang yang mengambil pasokan dari tangan kedua atau ketiga, biasanya menjual harganya lebih tinggi daripada umumnya.

Sementara, pedagang yang mengambil pasokan dari Pasar Induk seperti di Pasar Induk Kramatjati Jakarta Timur atau Pasar Induk Cibitung, biasanya menjual cabai dengan harga yang relatif lebih murah. Ia juga menyebutkan, para pedagang juga membeli pasokan cabai berdasarkan tren pasar yang ada. "Ada yang juga sesuai kebutuhan saja," katanya. [Republika]

Komentar