GRATIS Biaya Kantong Darah Warga Ber-KTP Tangsel di RSU Tangerang

40923 medium kantong darah tangerang
Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan, melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Tangsel akan menggratiskan biaya kantong darah. Penggratisan kantong darah ini merupakan terobosan baru dalam pelayanan kesehatan di Kota Tangsel. Semua biaya pemakaian kantong darah ini, akan diterapkan pertama kali di Rumah Sakit Umum (RSU) Tangsel.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, penggratisan kantong darah untuk warga Tangsel itu telah dibuatkan Perwalnya dan masuk APBD Tangsel 2019. Yang digratiskan itu bukan darahnya. Melainkan kantung plastiknya, kantung darahnya, pengolahan darahnya. Biaya itu yang ditanggung APBD.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Tangsel Suhara Manulang menambahkan, persoalan darah di Tangsel cukup unik. Apalagi, setiap golongan darah itu punya spesifikasinya.
Program kantong darah gratis ini, hanya bisa dimanfaatkan oleh warga yang punya KTP Tangsel. Di luar itu, warga akan tetap ditarik biaya untuk pemakaiannya.
Program darah gratis ini untuk pasien yang ber KTP Tangsel -sesuai Perwal 14 tahun 2017 tentang Pembebasan BPPD di Tangsel.

Sudah ada 10 RS swasta yang siap menyambut program ini. Namun, saat ini masih dalam koordinasi dan belum bisa diimplementasikan, selain di RSU.

Selama ini, mekanisme pembelian kantong darah oleh masyarakat itu, disesuaikan dengan model pembayaran pasien. Mulai dengan BPJS, pasien umum, dan KTP yang pembayarannya diklaim Dinas Kesehatan.
Harga darah perkantongnya pun cukup tinggi, sekira Rp350 ribu. Sedang proses pembayaran dari dinkes itu sifatnya klaim darah. Namun, diakuinya PMI Tangsel juga dapat hibah barang dan uang.
Sudah dilihat 10 kali

Komentar