GERTAK AMBYUR RW 24 diawali dari Pelatihan Lorong Sayur bagi Anggota PKK RW 24

22 November 2019, 05:27 WIB
0 1 178
Gambar untuk GERTAK AMBYUR RW 24 diawali dari Pelatihan Lorong Sayur bagi Anggota PKK RW 24
Rukun Warga (RW) 24 sebagai salah satu RW di wilayah Kampung Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta. RW 24 terdiri dari 3 RT, yaitu RT 74, RT 75 dan RT 76, dengan jumlah penduduk terbesar adalah perempuan. Lingkungan yang cukup padat dengan beberapa lorong atau jalan kampung yang tidak terlalu lebar dengan kondisi cukup gersang, disamping itu, di kanan kiri lorong atau jalan kampung tersebut sebagain besar dibatasi tembok, baik rumah maupun pagar rumah. Kondisi lingkungan tersebut, menjadi salah satu alasan diselenggarakan pelatihan lorong sayur.

Disamping itu, Pemerintah Kota Yogyakarta yang terus menggencarkan program Lorong Sayur menjadi salah satu alasan pelaksanaan kegiatan dimaksud. Lorong sayur sebagai salah satu upaya yang bisa dilakukan masyarakat perkotaan untuk mendukung ketahanan pangan keluarga di tengah terbatasnya lahan pertanian.

Keterbatasan lahan tersebut, disiasati dengan mendorong kampung atau lorong sayur dengan memanfaatkan metode landscape atau taman sayur.

Melihat kondisi tersebut Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) RW 24 mengadakan pelatihan lorong sayur secara swadaya masyarakat. Pelatihan tersebut dilaksanakan pada Kamis (21/11/2019) di Balai TRI RW Mergangsan Kidul. Sebanyak 30 orang peserta mengikuti pelatihan tersebut, dengan kontribusi setiap peserta sebesar 20.000 rupiah. Narasumber dalam pelatihan tersebut Eko Budi Suprihatin dari Dinas Pertanian Kota Yogyakarta. Selesai pelatihan peserta mendapatkan bibit terong, sawi dan cabai serta media tanam.

Ketua PKK RW 24, Haryati mengatakan, pelatihan yang dilaksanakan PKK RW 24 tersebut, dilatar belakangi keinginan dan kebutuhan ibu-ibu dasa wisma yang ingin kampungnya hijau, sekaligus mengurangi pengeluaran belanja dapur. Selain itu, didukung informasi atas program yang terus digalakkan oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Bapak Heroe Poerwadi.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, kegiatan ini sebagai langkah awal bagi ibu-ibu untuk memanfaatkan ruang kosong, jalan kampung dan sudut-sudut jalan yang belum maksimal dimanfaatkan. Kita menyadari, tidaklah mungkin seluruh jalan kampung langsung kita manfaatkan, paling tidak saat ini dimulai dari rumah masing-masing anggota Dasa wisma.

Sementara, Wakil Ketua PKK RW 24, Mardiana Wati mengatakan kegiatan ini sebagai upaya PKK, untuk menstimulus anggota dasa wisma, agar gemar menanam sayur, bahkan buah di lingkungan  masing-masing. "Lebih baik memulai saat ini, dari pada tidak berbuat sama sekali. Lebih baik berbuat daripada hanya wacana", katanya.

Ketua LPMK Wirogunan, Abdul Razaq, S.I.P., M.Si yang juga warga RW 24 mengatakan pelatihan lorong sayur ini, sangatlah bermanfaat bagi warga, khususnya ibu-ibu anggota dasa wisma. Selesai pelatihan, diharapkan terus ditindaklanjuti secara berkesinambungan.

"Ke depan, kami berharap di RW 24 dicanangkan Gerakan Serentak Tanam Buah dan Sayur atau Gertak Ambyur. Kami berharap pengurus RT, RW, PKK dan tokoh masyarakat di RW 24, berembug untuk aksi Gertak Ambyur tersebut", ujarnya.

Lebih baik memulai saat ini, dari pada tidak sama sekali. Memulai dari yang sederhana dan memulai dari diri sendiri. (KangRozaq)

#RW24MergangsanKidul
#AbdulRazaq
#LPMKWirogunan
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  1 Komentar untuk GERTAK AMBYUR RW 24 diawali dari Pelatihan Lorong Sayur bagi Anggota PKK RW 24

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Penimbunan Lokasi Smelter PT. GNI Diduga Tidak Memiliki IUP

    Sandy Makal  di  Morowali Utara  |  24 Jan 2020
  2. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  3. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 11
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  2. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020