Gerhana Bulan Total Selama Sejam Diprediksi Terjadi Akhir Bulan Ini

20157 medium imagecontent %282%29

Akademisi di bidang ilmu falak, Ustadz M. Ihtirozun Niam, memprediksi akan terjadi gerhana bulan total pada akhir Januari tahun ini. Durasi fenomena alam itu cukup lama, yaitu sekitar sejam.

Ia menyampaikan hal itu pada kajian dan pelatihan ilmu falak yang digelar Lajnah Falakiyyah Mahad Aly (LFMA) Al-Hasaniyyah Tuban di aula gedung Al-Khotijah dan di Laboratorium Komputer Pondok Pesantren Putra Putri dan Majlis Talim (PPM) Daruttauhid Al-Hasaniyyah, Sabtu hingga Ahad (6-7/1).

“Mula-mula ketika matahari terbenam pada 31 Januari 2018, bulan terbit dari arah timur. Pada waktu itu, sudah mulai terjadi kontak gerhana, namun perubahan penampakan fisik bulannya masih belum tampak jelas. Baru ketika pukul 18:48:22 WIB, perubahan penampakan fisik bulan mulai terlihat,“ jelas Ustadz Izun memprediksikan.

Ia menambahkan, puncak terjadinya gerhana bulan total ini berlangsung cukup lama, lebih dari 1 jam, sehingga ada waktu yang cukup lama untuk melakukan shalat khusuf sekaligus mengamati gerhana bulan.

Kegiatan itu mendapat respons positif dari peserta, terlihat dari ragam pertanyaan yang dilontarkan. Sehingga Ustadz Izun merasa mendapat energi tambahan, menjadi lebih bersemangat dalam menjelaskan.

“Melihat respons peserta, saya merasa mendapat energi tambahan. Pelatihan dengan pemberian materi disusul praktik menghitung semacam ini nyatanya memang efektif. Terlihat antusiasme peserta. Pertanyaan-pertanyaan muncul, baik saat penjelasan materi atau saat praktik. Lebih-lebih penggunaan komputer dengan beragam aplikasinya, menjadikan pelatihan ini mendapat nilai plus,” tutur alumnus Pascasarjana UIN Walisongo, Semarang.

Ustadz Izun bahkan menyampaikan gambaran yang detail berkenaan dengan gerhana bulan, mulai dari ranah historis, astronomis hingga syar’i kepada 50 mahasantri Ma'had Aly Al Hasaniyyah pada kajian bertema “Gerhana Bulan: Tinjauan Historis, Astronomis dan Syari” itu.

Ketua Pelaksana Pelatihan Falak, Ahmad Muallif menyatakan, pelatihan falak ini adalah kelanjutan dari pelatihan falak setiap pekan yang dilakukan Lajnah Falakiyyah Mahad Aly (LFMA) Al-Hasaniyyah.

“Teman-teman di Ma'had Aly Al Hasaniyyah setiap pekannya sudah melaksanakan pelatihan falak. Pelatihan ini, biasa digelar setiap Ahad setelah Shalat Ashar. Berhubung diprediksi akan terjadi gerhana bulan total pada akhir bulan ini, maka secara khusus kami melakukan kajian dan pelatihan seputar gerhana total,” tuturnya.

Nu online
Sudah dilihat 61 kali

Komentar