Gempa di Malang bagian Selatan

26847 medium img 20180620 wa0007
GEMPABUMI TEONIK M 4.6 MENGGUNCANG LAUT SELATAN MALANG TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI

Selasa, 19 Juni 2018, pukul 15:38:38 WIB, sebagian wilayah Kab. Malang Jawa Timur diguncang gempabumi tektonik. Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.6 dengan pusat pada koordinat 9.08 LS – 112.80 BT, tepatnya di laut pada jarak 108 km Tenggara Kab. Malang – Jawa Timur pada kedalaman 8 km. Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis dari peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi ini menimbulkan guncangan pada I Skala Intensitas Gempabumi (SIG) BMKG atau II MMI di sebagian wilayah Malang Jawa Timur. Jika ditinjau dari lokasi pusat gempanya, gempabumi tersebut berada di laut yang diakibatkan oleh aktivitas pergerakan subduksi.

Menurut laporan yang diterima Stasiun Geofisika Karangkates Malang bahwa di daerah tersebut guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang di wilayah Malang antara lain Sawojajar, Balekambang, Ampelgading, Donomulyo, dan Dampit, dengan intensitas I SIG-BMKG (II MMI). Hingga saat ini belum ada laporan lebih lanjut mengenai dampak gempabumi tersebut.

Hingga analisis ini dibuat, tidak tercatat gempabumi susulan. Sehingga kepada warga di Malang dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan isu-isu yang menyesatkan.

Karangkates 19 Juni 2018

Kepala Stasiun Geofisika karangkates, Malang
Musripan, SE.

Komentar