Gebyar Kampung Ramah Jiwa Puskesmas Mergangsan

23 November 2019, 07:41 WIB
1 0 186
Gambar untuk Gebyar Kampung Ramah Jiwa Puskesmas Mergangsan
Gebyar Kampung Ramah Jiwa sebagai salah satu gerakan bersama antara Puskesmas, stakholder di wilayah Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta dan kader kesehatan jiwa se-Kec. Mergangsan. Kegiatan Gebyar tersebut dilaksanakan pada Jum'at (22/11/2019) bertempat di Gedung Serbaguna Kel. Wirogunan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta, yang diwakili drg. Yudiria Amelia, Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular (PTM) Dinkes Kota Yogyakarta, dr. Iva Kusdiarini, Camat Mergangsan, Rini Rahmawati, SIP., M.Si, Babinkamtibmas, Babinsa se-Kec. Mergangsan, KUA Mergangsan, Kasi Pemberdayaan Kecamatan, Lurah se-Kec. Mergangsan, Ketua Kelurahan Siaga  (Kesi) se-Kec. Mergangsan, Ketua LPMK se-Kec. Mergangsan, Kader Kesehatan Jiwa (Balajiwa) se-Kec. Mergangsan dan tokoh masyarakat.

Tema gebyar "Sinergi Bergerak Menuju Mergangsan Ramah Disabilitas Mental", dimaksudkan sebagai gerakan bersama elemen masyarakat, khususnya antara Puskesman, Kecamatan, Kelurahan dan kader Balajiwa untuk membantu penyandang disabilitas mental. penyandang disabilitas mental adalah ODMK atau Orang Dengan Gangguan Jiwa yang dalam jangka waktu lama mengalami hambatan dalam interaksi dan partisipasi di masyarakat berdasarkan kesetaraan dengan yang lainnya.

Kegiatan dalam Gebyar Kampung Ramah Jiwa terdiri atas (1) Deklarasi Kelurahan Siaga Sehat Jiwa (KSSJ); (2) Penggalangan Komitmen Kader Kesehatan Jiwa "Balajiwa" se-Kec. Mergangsan, yang terdiri dari Balajiwa Kel. Brontokusuman, Balajiwa Kel. Wirogunan dan Balajiwa Kel. Keparakan; dan (3) Role play kegawatdaruratan Psikiatrik.

Kepala Puskesmas Kec. Mergangsan, drg. Risa Dhiana Permanasari dalam sambuatan pembukaan kegiatan menyampaikan, saat ini di Kecamatan Mergangsan telah terbentuk Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Kegiatan Upaya  Kesehatan Jiwa di Puskesmas Mergangsan.

Lebih lanjut, dia menyampaikan TPKJM merupakan suatu wadah yang berperan serta menanggulangi berbagai masalah kejiwaan yang terjadi dalam masyarakat, karena berbagai macam akibat, misalnya korban konflik, korban KDRT dan korban penyalahgunaan narkotika dan akibat lainnya.

Disamping itu, kegiatan Kesehatan Jiwa pada tahun 2019 hingga bulan ini adalah (1) Family Gathering Keluaraga dengan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) pada bulan Februari; (2) Sosialisasi TPKJM Kel.  Brontokusuman pada bulan Maret; (3) Sosialisasi TPKJM Kel. Wirogunan pada bulan Juni; (4) Sosialisasi TPKJM Kel. Keparakan pada bulan Oktober; dan (5) Pembentukan WAG Balajiwa Kel. Brontokusuman, Kel. Wirogunan dan Kel. Keparakan.

Puskesmas Mergangsan mencatat, Kasus Kesehatan Jiwa tahun 2019 hingga saat ini di Kel. Wirogunan sebanyak 21 kasus, Kel. Keparakan sebanyak 23 kasus dan Kel. Brontokusuman sebanyak 20 kasus dan terdapat 103 perlindungan sosial (Camp Assestment) Dinas Sosial DIY

Selain itu, Kasus Kegawatdaruratan Paikiatrik yang ditangani Kader Balajiwa 2019 untuk Kel. Brontokusuman sebanyak 4 Kasus, Kel. Keparakan terdapat 3 Kasus dan Kel. Wirogunan sebanyak 2 Kasus. Disamping itu, 1 Kasus bunuh diri dan dievakuasi di RS Grasia dan RS Sardjito, dengan terlebih dahulu berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Yogyakarta dan Polsek Mergangsan, Yogyakarta.

"ODGJ di wilayah Mergangsan tidak ada lagi pemasungan. Pemasungan tidak hanya ODGJ diikat, namun tidak keluar rumah juga termasuk dalam kategori pemasungan", ujarnya.

Camat Mergangsan, Rini Rahmawati dalam sambutannya menyatakan, sinergisitas antar stakholder di wilayah Mergangsan menjadi salah satu faktor keberhasilan dari suatu kegiatan, lebih-lebih dalam menangani ODGJ.

Sinergi Bergerak Menuju Mergangsan Ramah Disabilitas Mental.(KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar untuk Gebyar Kampung Ramah Jiwa Puskesmas Mergangsan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Penimbunan Lokasi Smelter PT. GNI Diduga Tidak Memiliki IUP

    Sandy Makal  di  Morowali Utara  |  24 Jan 2020
  2. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  3. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 11
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  2. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020