FESTIVAL SISINGAAN SUBANG

42263 medium fb img 1544448022869
Festival sisingaan tahun 2018 yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata Republik Indonesia bekerjasama dengan Pemkab Subang berlangsung meriah di Lapang pormas Kelurahan Sukamelang, Kecamatan Subang, Minggu (9/12/2018).
Ratusan warga Subang yang sudah menuggu sejak pagi hari itu dibuat terpukau dengan beragam atraksi sisingaan dari 10 rombongan grup sisingaan yang ditampilkan.
Adapun grup sisingaan yang terlibat di antaranya adalah Bonang grup, Budaya Mekar, Wargi Mekar, Tresna Wangi, Putra Saluyu yang tergabung dalam Grup Singa Kaler. Kemudian Mekar Budaya, Setia Wargi 8, Sinar Wangi Pajajaran, Putra Jaya, Mekar Jaya tergabung dalam Grup Singa Kidul.
Pada kesempatan itu juga ditampilkan seni pertunjukan wisata seni pumala, badingdut, seni kemprung tarung yang meliputi arang-arang (ancang-ancang) bubuka, kidung sari panggung, rancagan, solor gondang, jaipong trondol, kosong-kosong, dan jeblagan.
Asdep strategi dan komunikasi Pemasaran Regional Kementrian Pariwisata Republik Indonesia Hariyanto S.Sos,M.M mengatakan festival ini diadakan untuk memunculkan potensi pariwisata Subang. Festival Sisingaan 2018 adalah atraksi pariwisata berbasis masyarakat yang banyak mengangkat unsur budaya.
“Festival ini akan menjadi daya tarik bagi wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman). Kali ini dengan penguatan pada materi acara yang lebih optimal. Tujuannya membentuk kemasan dan dukungan pada potensi daerah sebagai ciri khas dan jati dirinya menjadikan acara semakin tertata dan lebih meriah serta mempunyai nilai jual,” ujarnya.
Hariyanto menambahkan, daya tarik pariwisata tidak selalu terletak pada keindahan dan kelengkapan fasilitas objek wisata. Tapi berbagai aktivitas dan kegiatan seni budaya tradisional, seperti halnya Festival Sisingaan ini.
“Atraksi yang melibatkan sejumlah seniman tradisional merupakan sarana efektif untuk mendatangkan wisatawan baik domestik maupun mancanegara,” katanya.
Sudah dilihat 24 kali

Komentar