Efek Samping Terlalu Banyak Makan Cabai

25961 medium post 35194 b2b89964 2888 4a02 91cc d6970a63d307 2018 05 26t04 05 59.924 07 00

Ada beberapa jenis kanker yang menunjukkan perubahan signifikan saat diberikan capsaicin, yaitu kanker paru-paru, kanker usus, kanker prostat, dan kanker pankreas.

Tapi, walaupun ada banyak manfaat positif, sebaiknya jangan konsumsi berlebihan, untuk menghindari efek negatif yang tidak di inginkan seperti berikut :
Effek Samping Terlalu Banyak Konsumsi Cabai

Makan dalam jumlah yang proporsional, semuanya memiliki batas dimana tubuh merasa “tersakiti” apabila makan terlalu banyak makanan pedas misalnya saat lidah terasa terbakar atau perut mulas-mulas.

Meskipun banyak orang yang menyukai sensasinya tetapi tidak seharusnya kita mengabaikan peringatan-peringatan tersebut. Kurangi jumlah cabainya jika sudah merasakan sesuatu yang tidak beres setelah memakan makanan pedas.

Efek samping yang bisa timbul apabila teralu banyak makan cabai antara lain:

Gastritis

Gastritis adalah inflamasi atau peradangan yang terjadi pada lambung. Biasanya gastritis atau yang biasa disebut dengan maag ini disebabkan karena bakteri tetapi terlalu banyak makan cabai juga bisa menjadi salah satu penyebabnya karena makanan pedas dipercaya dapat menurunkan kemampuan lapisan pelindung lambung. Lapisan ini berfungsi melindungi lambung dari asam lambung.

Refluks asam lambung

Salah satu yang tidak dibolehkan pada orang yang memiliki penyakit refluks asam lambung adalah mengkonsumsi makanan yang pedas-pedas. Refluks asam lambung kronis dapat menimbulkan berbagai komplikasi seperti kanker esophagus, pneumonia dan gigi rusak karena asam lambung.

Insomnia

Kebanyakan kita tidak tahu bahwa selain kafein ternyata makanan pedas juga bisa menimbulkan kesulitan tidur. Ini terjadi karena setelah memakan makanan pedas maka suhu tubuh akan naik (itu sebabnya kita berkeringat setelah memakannya) sementara tubuh perlu melambatkan metabolisme sebelum tidur. Supaya lebih mudah tidur, hindari makanan pedas mendekati jam tidur.

Menurunnya kepekaan lidah

Semakin lama orang terbiasa mengkonsumsi makanan yang pedas maka kepekaan lidahnya menurun. Bagi orang lain satu sendok sambal sudah sangat pedas tetapi bagi orang yang terbiasa maka hanya sedikit merasakan pedas. 
Sudah dilihat 67 kali

Komentar