Edisi Ramadhan : Masuk 10 Malam Terakhir? Ini Amalan Terbaik yang Bisa Kamu Lakukan!

62378 medium 673719 720
Gimana kabar puasanya pembaca setia AtmaGo? Masih kuat dong yah. Apalagi udah masuk 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Malam-malam yang harus kita perjuangkan untuk memperoleh Lailatul Qodar. Dimana malam ini segala amalan gita akan dilipatgandakan berkali-kali. Kemulian malam ini lebih baik dari 1000 bulan. Bayangin aja kita ngaji satu huruf atau sedekah 1000 rupiah terus dilipatgandakan hingga 84tahun (1000 bulan) berapa coba? Banyak kan! Itu cuman satu huruf atau seribu rupiah coba, gimana kalau lebih banyak dari itu, duhhh kalkulator aja gak bisa hitung tuh.

Nah, untuk itu yuk maksimalkan ibadah kita, dengan melakukan beberapa amalan berikut ini,

1) Itikaf
Itikaf sama artinya dengan mengikat diri di Masjid. Bukan ngikat pakai tali yak hehe. Tapi maksudnya tidak keluar dari Masjid. Berdiam diri di Masjid dengan melakukan amalan-amalan seperti membaca Quran dan Salat. Dengan itikaf kita menjauhkan diri dengan hal yang sia-sia dan fokus untuk mendapatkan malam Lailatul Qodar. Selain itu, dengan itikaf kita juga memiliki lebih banyak waktu untuk merenung dan merefleksi diri akan tujuan kita diciptakan.

2) Salat Malam
Jangan hanya cukupkan salat malam dengan taraweh dan witir, tapi kamu bisa melaksanakan salat-salat sunnah yang lain, seperti Salat Tahajjud, Tasbih, Wudhu, Hajat atau Taubat. Maksimalkan waktu malam hari dengan melakukan salat-salat sunnah tersebut.

3) Perbanyak Dzikir
Biasakan lisan kita basah dengan dzikir. Jangan berhenti mengucap dzikir. Khususnya istiqfar. Karena dengan memperbanyak istiqfar, memohon ampunan kepada Allah, Dia akan berkenan untuk memberi Rahmat-Nya hingga bisa menyelesaikan Ramadhan dengan semangat hingga memperoleh kemenangan.

4) Membaca Qur
an
Jika biasanya membaca Quran hanya satu juz perhari, tambahlah lagi bacaan Quran setiap kita memiliki waktu luang. Buat target yang jauh lebih besar untuk jumlah bacaan Qur
an yang kita baca. Semakin banyak semakin baik. Sembari kita mentadabburi artinya.

5) Sedekah
Siapa sih yang masih belum tahu manfaat sedekah yang sangat luar biasa. Dalam islam, kita dianjurkan untuk selalu berbagi. Selain sebagian rejeki yang kita miliki adalah milik mereka yang berkekurangan, sedekah juga memperlancar rezeki kita. Seperti janji Allah, bagi siapa yang bersyukur atas apa yang diberikan oleh Allah, maka Dia akan menambah nikmat-Nya.

Itulah beberapa amalan yang bisa kita maksimalkan di 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Kalau di bulan Ramadhan saja kita tidak ingin memaksimalkan ibadah, lalu kapan lagi kita bisa melakukannya?
#EdisiRamadhan #AtmaGo

Penulis : @sucifitrahsyari
Sudah dilihat 562 kali

Komentar