Diskusi Publik : Peran Pers Dalam Mewujudkan Kampanye Pemilu Damai

24426 medium img 20180423 wa0006
*Diskusi Publik : Peran Pers Dalam Mewujudkan Kampanye Pemilu Damai*

Saat ini media massa merupakan salah satu aspek penting bagi kehidupan manusia. Media merupakan satu dari 4 pilar demokrasi di Indonesia yang memiliki peran vital untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang terkontrol oleh masyarakat.

Peran jurnalis sebagai pelaku utama yang memproduksi informasi di media massa kemudian menjadi salah satu agen sosial yang berpengaruh terhadap situasi sosial politik. Jurnalis pada prinsipnya memiliki etos kerja yang berpijak pada netralitas. Seperti apapun kondisi yang dihadapi, jurnalis haruslah bersikap netral.

Etos kerja jurnalis ini tentunya menjadi vital dalam proses pemilihan umum yang berasaskan jujur, adil, langsung, bebas dan rahasia.
Keberpihakan dan integritas insan media pada kode etik jurnalistik dalam menjaga kedamaian proses pemilu menjadi kondisi yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia.

Dalam konteks ini, tidak salah kiranya kita mendorong insan jurnalis untuk mulai menggunakan pendekatan Jurnalisme Keberagaman yang disodorkan oleh Usman Kansong dalam bukunya yang berjudul "Jurnalisme Keberagaman; Untuk Konsolidasi Demokrasi."

Bagi Usman Kansong, jurnalisme semestinya berkontribusi mewujudkan pemahaman tentang keberagaman dan meminimalisasi konflik akibat penguatan identitas masing-masing. Jurnalisme Keberagaman adalah jurnalisme yang berkhidmat pada keberagaman, yang peduli pada keberagaman dan perbedaan agama, etnik, dan gender. Dalam pendekatan ini media massa harusnya menghormati, melindungi dan mempertahankan keberagaman sebagai bagian dari pembelaan atas tegaknya hak asasi manusia.

Pentingnya untuk memahami peran pers dalam menyambut pemilu 2018-2019 menjadi latar belakang bagi Antronesia Research Community sebagai salah satu komunitas kajian kebudayaan, bekerjasama dengan Asosiasi Antropologi Indonesia dan NXG Indonesia untuk menyelenggarakan pelaksanaan diskusi Publik dengan Tema “Peran Pers dalam Mewujudkan Kampanye Pemilu Damai”


Waktu dan Tempat Kegiatan
Hari/Tanggal : Kamis, 26 April 2018
Waktu : 12.30 - 14.30
Tempat : Gedung Indonesia Menggugat, Jalan Perintis Kemerdekaan no.5 , Kota Bandung

Narasumber dan Isu Pemantik
1. Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat
Isu pemantik : Black Campaign dan Regulasi dalam Kampanye

2. Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat
Isu Pemantik : “Pengelolaan Informasi di Era Digital”

3. Dewan Pers Jabar
Isu Pemantik : “Kasus Keberpihakan Media Online dan Peran Pers dalam Mewujudkan Pilkada Damai”

4. Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo)
Isu Pemantik: “Isu SARA dalam Pilkada”

Moderator: Grace Tobing


Bersama dengan ini, kami mengundang rekan-rekan dari berbagai kalangan untuk dapat hadir dalam kegiatan ini. Untuk pendaftaran peserta, dapat menghubungi kami di *0896 4464 8738*
Sudah dilihat 133 kali

Komentar