Diskusi Malam Minggu Ala AtmaGo Subang

21162 medium whatsapp image 2018 02 04 at 00.32.46
AtmaGo Subang- Sebelum melaksanakan diskusi perwakilan AtmaGo Subang menyampaikan materi tentang manfaat dan cara menggunakan aplikasi ini kepada para pengurus karang taruna RW.03 Purwasari Kelurahan Cigadung, Subang.

Selanjutnya Vian Sofyan selaku ketua Karang Taruna menyampaikan bahwa Pemuda memiliki peran besar dalam terjadinya perubahan-perubahan sosial di lingkungan sekitar maupun pada ranah yang lebih luas.

Namun sebelum pemuda mencoba untuk memposisikan diri sebagai agent of change, maka kita harus memastikan diri telah siap menjadi generasi pengubah, bukan malah menjadi objek masalah yang terjadi. Pemuda harus memulai menggali karakter khas yang dimilikinya, karena pada dasarnya setiap pemuda memiliki sifat-sifat khas, antara lain kreatif, kritis, optimis, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Setelah itu, maka kita harus siap untuk berperan dalam perubahan sosial. Setidaknya ada tiga peran pemuda dalam perubahan sosial, yaitu sebagai agen perubahan (agent of change), agen pembangunan (agent of development) dan agen modernisasi (agen of modernization).

Sebagai agen perubahan, pemuda dapat berkontribusi dengan sikap kritis dan rasa optimistisnya untuk mempengaruhi masyarakat dalam melakukan perubahan melalu aksi nyata. Kita mulai melakukan gerakan penyadaran bagi diri dan masyarakat, sehingga dapat menyentuh langsung persoalan sosial yang terjadi.

Sebagai agen pembangunan, pemuda bisa berkontribusi dalam pembangun fisik maupun non-fisik. Dengan jumlah pemuda yang cukup signifikan, kita dapat saling berkolaborasi, terutama dalam kegiatan pembangun yang bersifat kepedulian sosial, pendidikan non formal, keagamaan serta pengembangan kewirausahaan.

Sementara pemuda sebagai agen modernisasi, pemuda dapat menjadi pelopor dalam pembaharuan. Pemuda hari ini hidup dalam teknologi yang serba canggih dan merupakan dari digital native sehingga kita dapat beradaptasi dengan cepat. Dengan begitu, kita dapat membantu memperkenalkan teknologi yang baik dan hindari dampak buruknya kemajuan teknologi kepada keluarga, sesama serta masyarakat disekitar kita.

Dengan semangat, energi yang kita miliki, diharapkan dapat memberikan dampak nyata dalam perubahan sosial melalui aksi kepedulian yang sesuai dengan kapasitas serta kemampuan yang kita miliki.
Sudah dilihat 78 kali

Komentar