DIJAMIN AMPUH. INI DIA CARA MEMBASMI VIRUS KOMPUTER TANPA ANTI VIRUS

10 June 2019, 17:18 WIB
3 0 57
Gambar untuk DIJAMIN AMPUH. INI DIA CARA MEMBASMI VIRUS KOMPUTER TANPA ANTI VIRUS
Seperti halnya manusia, tak ada yang sempurna. Begitulah virus pada komputer, yang setiap jenisnya memiliki kelemahan-kelemahan yang berbeda. Sehingga menjadikan virus itu sendiri dapat dibasmi tanpa menggunakan software antivirus.

Dalam membasmi virus bukanlah hal yang rumit, melainkan susah-susah gampang. Nah, kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara membasmi virus tanpa antivirus. Secara garis besar, begini dia langkah-langkahnya.

1. MENONAKTIFKAN SYSTEM RESTORE

Jangan salah dengan system yang satu ini, selain berguna menyelamatkan windows dari kerusakan yang terjadi akibat perubahan atau penghapusan windows, system ini juga sebagai musuh dibalik selimut. Kenapa tidak, ketika virus menginfeksi, maka si virus dianggap sebagai fyle system. Sehingga setiap kali kita menghapus file virus, maka system restore secara otomatis akan memulihkannya.

2. MEMATIKAN PROSES VIRUS

Perlu diketahui, bahwa virus yang telah menginfeksi system windows tidak dapat dihapus tanpa mematikan proses virus. Untuk mematikan proses virus, kamu bisa menggunakan task manager.

3. MEMULIHKAN REGISTRY

Setelah proses virus terhenti maka hal yang kamu lakukan yaitu sesegera mungkin membersihkan registry dari jejak virus, sehingga pada saat kamu melakukan restart maka virus tidak akan aktif pada proses booting. Selain itu, fungsi registry juga dapat digunakan untuk memulihkan komponen windows yang dapat digunakan untuk membersihkan virus, misalnya folder option dan task manager.

4. MENGHAPUS FILE-FILE VIRUS

Langkah selanjutnya yaitu menghapus file-file virus yang ada pada windows, baik induk virus maupun file-file yang berganda yang telah terinfeksi oleh virus. Pada langkah ini kamu bisa menggunakan fasilitas search untuk mencari dan menemukan keberadaan virus, yang mana pada umumnya virus memiliki eksistensi ukuran file dan ikon yang sama.

5. MEMUNCULKAN FILE-FILE YANG TERHIDDEN OLEH VIRUS

Untuk kamu yang filenya sering terhidden, maka jangan heran, itu bukan penyelamatan, melainkan virus telah menginfeksinya dengan cara merubah atributnya sehingga tak terlihat. Banyak cara untuk memunculkan file tersebut, diantaranya dengan cara melakukan proses scanning dengan menggunakan CMD atau script show_all.bat yang biasa terdapat pada CD bonus komputer.

Nah itu dia beberapa cara membasmi virus. Untuk kamu yang sering dibuat jengkel, trik ini boleh dicoba.

Image : googlepicture

  Komentar untuk DIJAMIN AMPUH. INI DIA CARA MEMBASMI VIRUS KOMPUTER TANPA ANTI VIRUS

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!