Dialog Kerukunan Intern Umat Kristen Se - Sulawesi Tengah

65004 medium post 69793 08ade06f 05c0 4394 be51 ed412db3686a 2019 06 29t21 31 02.005 08 00
Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama Kanwil Sulawesi Tengah menggelar dialog kerukunan intern umat kristen se-Sulawesi Tengah pada tanggal 27 - 29 Juni 2019, bertempat di Grand Wisata Hotel, Palu.
Acara ini dihadiri puluhan pimpinan jema'at dan gereja (pendeta) yang berasal dari kab/kota se - Sulawesi Tengah dan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Sulawesi Tengah yang sekaligus sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan ini.
Prof. KH. Zainal Abidin sebagai narasumber yang berasal dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah memaparkan tentang pentingnya kearifan lokal untuk membangun kerukunan intern umat beragama maupun antar ummat beragama.
kearifan lokal menurutnya walaupun terbatas dalam lingkup komunitasnya, tetapi memiliki kemampuan untuk merekatkan perbedaan yang ada termasuk perbedaan keyakinan, karena itu kearifan lokal dapat dijadikan basis membangun kerukunan ummat beragama.
" keragaman berimplikasi pada lahirnya perbedaan. Semakin heterogen, semakin banyak perbedaan yang muncul. Tetapi kerukunan tidak dimunculkan dengan menghilangkan perbedaan, karena hal itu sebuah kemustahilan. Melainkan pengakuan dan penghargaan terhadap perbedaan hingga tidak melahirkan sikap benar sendiri ". Ujarnya.
Dialog Kerukunan Intern Umat Kristen Se - Sulawesi Tengah ini bertujuan untuk membangun kerukunan antar gereja dan antar ummat beragama di Sulawesi Tengah, karena itu peserta yang mengikuti dialog ini diharapkan dapat membangun kerukunan ummat diwilayahnya masing - masing.
Sudah dilihat 79 kali

Komentar