Destinasi Wisata Depok Jadi Nominasi ISTA 2018

35418 medium 12102018
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengajukan D’kandang Amazing Farm yang berada di Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan menjadi perwakilan destinasi wisata unggulan untuk mengikuti Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI). Dari total 176 pendaftar, Kota Depok menjadi 43 nominator terpilih untuk divisitasi.

Kepala Dinas Pemuda,Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok Wijayanto mengatakan, pihaknya telah melakukan semua tahap mulai dari melengkapi persyaratan administrasi. Sampai dengan pengumuman nominator yang menempatkan D’kandang Amazing Farm menjadi tiga teratas di Jawa Barat.

“Kota Depok memenuhi kriteria destinasi yang berkelanjutan sesuai dengan tema ISTA 2018 ‘Kearifan Lokal Untuk Pariwisata Berkelanjutan’, sehingga pada hari ini dilakukan penjurian oleh Kemenpar RI . Untuk itu kami bersama D’kandang Amazing Farm mempersiapkan semuanya,” ujarnya usai mendampingi Tim Juri Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di D’kandang Amazing Farm Kamis (11/10).

Dikatakannya, dalam visitasi ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi seperti aspek lingkungan, sosial dan perekonomian untuk sekarang dan masa depan. Kriteria itu sesuai dengan Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 14/2016 tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan.

“Mudah-mudahan kita bisa memenuhi semua kriteria tersebut dan menjadi salah satu penerima penghargaan Green Platinum, Green Gold, Silver, Bronze dan Green. Penghargaan tersebut sebagai pemacu dalam penerapan pariwisata berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu, Supervisor D’kandang Amazing Farm, Syarif Hidayatullah menambahkan, pihaknya bersama pemerintah terus berkolaborasi untuk menciptakan tempat wisata yang berkelanjutan. Bahkan, pihaknya mendukung penuh program Kota Layak Anak (KLA) yang bangun oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dengan menggagas wisata D’kandang Layak Anak.

“Insyaallah kami siap dengan kriteria penilaian, dibantu Pemkot juga dalam penanganan limbah di D’kandang. Semoga kami bisa membawa wisata Kota Depok semakin dikenal,” tutupnya.

sumber : Diskominfo Depok
foto : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 15 kali

Komentar