Desa Kebonharjo tanda tangani MoU Koperasi Griya Jatirasa untuk Pengembangan Usaha Sabut Kelapa

55242 medium post 61332 1c47f5ed 0305 42a9 9f58 f89341ceb795 2019 03 24t06 53 11.605 07 00
Penandatanganan MoU (Memorandun of Understanding) atau nota kesepahaman antara Pemerintah Desa Kebonharjo, Samigaluh, Yogyakarta dengan Koperasi Konsumen Griya Jati Rasa dialaksanakan di Balai Desa Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo pada hari Jumat tanggal 22 Maret 2019. MoU yàng membuat kewajiban masing masing pihak dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat terfokus pada pengembangan unit usaha sabut kelapa yang berada di pedukuhan Gebang. Dukungan pembangunan rumah sabut kelapa berupa dana akan dihibahkan pada pengelola kelompok yang di wakili Dukuh Gunanto yang akan bertanggung jawab pada pengembangan unit usaha tersebut. Sementara itu dari koperasi akan memberikan pendampaingan dalam bentuk pelatihan dan pemasaran yang diharapkan mampu menjadi bagian dari pengembangan bandara New Yogyakarta Air Port di Temon.
Pemerintah Desa Kebonharjo berkomitmen dalam bentuk dukungan tempat usaha dengan mengunakan aset desa berupa tanah untuk mendirikan rumah produksi, sementara aset dalam bentuk alat juga akan dikelola didalam kelompok. Tentunya sewa tanah yang terjangkau oleh kelompok akan mendorong pengembangan unit tersebut.
Unit sabut kelapa telah berdiri sejak tahun 2016 melalui dukungan dari Kampus Universitas Islam Indonesia dan Dukungan Dana Desa. Kelompok yang sudah mampu memproduksi pupuk, sapu dan boneka horta ini mengunakan rumah salah satu warga untuk rumah produksinya. Getaran mesin yang kuat mengkuatirkan keselamatan anggota kelompok yang bekerja. Untuk itu perlu rumah produksi yang baru.
Foto: Puji Griyajatirasa #desakebonharjo #samigaluhkotamenoreh
Sudah dilihat 114 kali

Komentar