Dengan Senam Lansia Mobile , Dusun Krekah Mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

11 May 2019, 5:10
3 0 114
Gambar untuk Dengan Senam Lansia Mobile , Dusun Krekah Mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
Sabtu 04 Mei 2019 , dusun kami Krekah Gilangharjo Pandak Bantul ketempatan senam lansia mobile . Acara senam ini merupakan kegiatan rutin yang digawangi Puskesmas Pandak 1 untuk dusun - dusun di wilayah kerjanya . Yaitu dusun - dusun di desa Gilangharjo dan Wijirejo.
Namun demikian dengan bantuan teknologi informasi sekarang ini, senam biasanya juga dihadiri oleh warga diluar Gilangharjo dan Wijirejo.
Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami menggunakan sistim kupon untuk snack , makan dan hadiah - hadiah . Dengan harapan acara bisa terselenggara dengan baik.

Bukan kebetulan bulan lalu saya beserta kader - kader diundang dalam acara refreshing di puskesmas Pandak 1.
Yang mana di acara tersebut kami mendapatkan banyak sekali informasi.
Diantaranya adalah issue bulan ini tentang PHBS ( perilaku hidup bersih dan sehat ) yang tentu saja merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menyampaikan kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat dibawah daerah kerja Puskesmas Pandak 1, dan masyarakat luas pada umumnya.

Sesuai dengan issue bulan ini PHBS , kami kader posyandu lansia di Krekah mencoba menerapkan dalam kegiatan senam mobile kali ini.

Diantara adalah dalam pengaturan menu.
Kali ini kami menyediakan menu sehat berupa bubur sayur , pecel , Snack sederhana bukan gorengan , dan minum minuman bermanfaat selain teh dan kopi.
Bubur sayur sendiri berisi daun kelor , waluh , jagung manis , ayam suwir dan dimasak tanpa santan.
Daun kelor sendiri kita ketahui memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Hal tersebut juga dikuatkan dengan hasil yang dikeluarkan oleh Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengatakan bahwa manfaat daun kelor bagi kesehatan di antaranya dapat membantu perkembangan tubuh serta menjadi obat tradisional yang bisa mengobati berbagai macam penyakit.
Tidak hanya itu, ternyata masih banyak manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh. Kandungan asam amino esensial yang terdapat di dalamnya juga bisa membantu perkembangan bayi dalam kandungan. Maka daun kelor juga direkomendasikan bagi ibu-ibu hamil agar kondisi tubuh serta janin yang dikandungnya menjadi lebih baik dan sehat. Manfaat lainnya adalah untuk mengobati kangker , mencegah penuaan dini , kesehatan mata, menstabilkan gula darah , menurunkan kolesterol , menstabilkan tekanan darah , membantu pertumbuhan ( baik untuk ibu menyusui) , mengobati cacingan , menjaga fungsi otak , baik untuk pencernaan .

Begitu juga dengan labu kuning / waluh yang kita konsumsi hari ini.
Manfaat labu kuning diantaranya adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dalam labu kuning dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah. Selain itu, labu kuning juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang juga merupakan nutrisi yang baik untuk memelihara jantung. Selain itu bisa juga untuk menjaga kesehatan kulit , baik untuk pencernaan dll.

Menu makan yang lain yang disediakan adalah pecel
Bahan : bayem , kacang panjang , toge , wortel, kobis , nasi , bumbu pecel tidak pedas

Sate buah
Pepaya , semangka dan melon.

Menu - menu tersebut kami sediakan untuk mendukung menyebarkan issue PHBS tentang pola makan sehat. Yaitu 3 kali sayur dan 2x buah atau sebaliknya.

Jadi besar harapan kami , setelah dari acara kita ini , peserta mengingat dan menerapkan konsep-konsep menu sesuai PHBS di rumah masing - masing disesuaikan dengan selera anggota keluarga tercinta.

Selain itu pada acara ini juga kami warga dusun Krekah mengajak bapak ibu dan semua peserta untuk mengurangi penggunaan plastik.

Kita sering mengeluh cuaca yang tidak menentu, suhu bumi yang sangat panas dan terik, tentu kita tahu penyebabnya adalah proses pemanasan global .
Setiap harinya, rakyat Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 70.000 ton! Jumlah ini luar biasa besar. Pengelolaan sampah efektif yang dimulai dari tingkatan rumah tangga harus dilakukan agar sampah tidak membebani bumi terus-menerus.
Jadi yang kami lakukan sekarang tidak menggunakan gelas plastik untuk minuman, tidak memakai mika dll untuk makan dan snack hanya satu upaya kecil , mengajak bapak ibu, anak - anak dan saudara saudari sekalian yang hadir disini untuk memulai satu langkah kecil untuk lingkungan kita , untuk kelangsungan hidup anak cucu setelah kita.
Alasannya adalah , karena sampah plastik berdampak buruk bagi lingkungan karena sifat plastik yang memang susah diuraikan oleh tanah meskipun sudah tertimbun bertahun-tahun. Ketahuilah bahwa plastik baru bisa diuraikan oleh tanah setidaknya setelah tertimbun selama 200 hingga 400 tahun. Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sampah plastik bisa terurai dalam waktu 1000 tahun lamanya.

Proses lamanya terurai inilah yang kemudian mengakibatkan dampak sampah plastik buruk bagi lingkungan, seperti munculnya zat kimia yang dapat mencemari tanah sehingga berkurang tingkat manfaat dan kesuburannya.Selain itu, dengan proses yang susah diuraikan, sampah plastik juga dapat membunuh sang pengurai tanah. Sehingga wajar saja apabila tingkat kesuburan yang dimiliki tanah berkurang. Dengan mengetahui fakta ini alangkah baiknya kita, selaku masyarakat Indonesia, menyadari bahwa penggunaan plastik sebenarnya tidak baik, apabila secara berlebihan dalam penggunaannya. Dan juga janganlah lupa untuk tidak membuang sampah secara sembarangan, termasuk sampah plastik.
Jadi kami sungguh berterima kasih atas pengertian semua peserta yang sudah mendukung konsep acara ini dengan membawa tempat minum sendiri.

Semoga kebiasaan baik ini bisa kita lanjutkan kedepan , selalu membawa tempat minum dan makan , membawa tas supaya tidak menambah kresek bekas , dan mau mengelola sampah di rumah masing-masing . Karena sampahmu adalah tanggung jawabmu.

Kami bersyukur acara yang menjadi hajat bersama warga ini telah berjalan dengan lancar. Peserta dengan jumlah hampir 500 an bisa menikmati hidangan dan minuman dengan senang.
Disamping itu kami sebagai penyelenggara juga merasa puas karena bisa menyampaikan nilai - nilai penting untuk warga yang hadir.
Puji syukur kepada Allah

  Komentar untuk Dengan Senam Lansia Mobile , Dusun Krekah Mengenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!