Debit Air Bekasi turun Tajam

Warga AtmaGo  di  Bodetabek
14 September 2015, 21:05 WIB
224 1 240
Gambar untuk Debit Air Bekasi turun Tajam
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Kurang lebih sudah 6 bulan lamanya Bekasi tidak dibasahi lagi oleh derasnya hujan, kian hari suhu di Bekasi semakin panas dan otomatis cadangan air semakin menurun, selain karena terus menerus digunakan, hal lain dikarenakan penyerapan air pada saat musim penghujan tak maksimal.
Kemarau yang melanda Kota Bekasi berakibat kepada penurunan debit air rumah tangga sebanyak 4 liter per detik. Hal ini disebabkan karena air muka tanah mengalami penyusutan sedalam 2 meter dari bibir tanah.
Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Sopandi Budiman mengatakan, “Muka air tanah sekarang ini sudah semakin dalam ke bawah. Sehingga, debit air mengalami penurunan. Biasanya 6 liter per detik yang bisa dipakai, kini menjadi 4 liter per detik, selain itu penyusutan muka air tanah ini disebabkan musim kemarau. Sehingga air tanah mengalami pendangkalan.”
Dirinya juga sudah menurunkan petugas untuk memantau kondisi pemakaian air rumah tangga di setiap Kecamatan Kota Bekasi. Hal ini dilakukan agar mudah memetakan daerah-daerah yang rawan kekeringan.
Salah satu daerah yang menjadi sorotan Pemerintah Kota adalah wilayah Bekasi Utara. Pihaknya sempat melakukan peneguran kepada beberapa warga terkait pemakaian alat pumpa, oleh para pelanggan Perusahaan Air Minum (PAM). Pihaknya juga saat ini melakukan himbauan dan teguran kepada beberapa warga terkait pemakaian alat pumpa, oleh para pelanggan Perusahaan Air Minum (PAM). “Kalau sudah pakai PAM, tidak boleh lagi pakai jetpump,” katanya.
Eko Bekasirbancity.com

  1 Komentar untuk Debit Air Bekasi turun Tajam

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar