Dari Gilangharjo Melestarikan Budaya Cokekan

36451 medium img 20181019 221713
Tepatnya di dusun Krekah RT 04, desa Gilangharjo, kecamatan Pandak, kabupaten Bantul malam ini 19 Oktober 2018 kami melaksanakan latihan kesenian cokekan.
Latihan cokekan ini telah rutin dilaksanakan beberapa tahun terakhir. Ada beberapa kelompok cokekan yang memilih tempat kami ini sebagai tempat berkumpul dan berlatih.
Namun, ada kalanya kelompok - kelompok ini berkumpul hanya untuk melakukan latihan rutin. Tapi lebih sering , mereka berlatih untuk memenuhi undangan , pesanan hajatan dan suatu acara.
Cokekan sendiri merupakan kesenian musik tradisional Jawa yang hanya memainkan beberapa instrumen gamelan.
Pada kesempatan latihan malam ini, kami menggunakan instrumen gendher, siter, slenthem, kendang , gong dan satu pesinden.
Pada lain kesempatan, bisa juga cokekan hanya menggunakan gendher dan pesinden, atau Gambang dan pesinden saja. Tentu saja jumlah instrumen yang digunakan menyesuaikan keperluan dan pesanan pemangku hajat atau si empunya acara.
Seperti kita ketahui bersama , pelaku kesenian adiluhung ini sudah sangat jarang . Patut dihargai masih ada segelintir pelaku seni mau menyisihkan waktu untuk berkumpul dan berlatih melestarikan cokekan ini. Tentu saja dengan harapan akan muncul minat dari para generasi muda untuk ikut melestarikan, menikmati dan mencintai kesenian leluhurnya.
Anda berminat untuk berlatih atau sekedar menikmati performa indah dari kesenian cokekan ini? silahkan hubungi kami, Lokananta Gilangharjo di nomor 087839627353.



Sudah dilihat 72 kali

Komentar