Dampak Jembatan Cisomang, Kendaraan Lewat Padalarang Naik 60 Persen

warga di sekitar Anda di Bekasi, Bodetabek
9362 medium dampak jembatan cisomang  kendaraan lewat padalarang naik 60 persen %282%29
Volume kendaraan yang melintas jalur Cikalong Wetan-Padalarang dampak pengalihan arus lalu lintas di Tol Cipularang meningkat tajam hingga 60 persen. Antrean kendaraan sepanjang 1 kilometer terjadi akibat kepadatan arus lalu lintas tersebut.

"Adanya pembatasan kendaraan (golongan II ke atas) di Jembatan Cisomang (Tol Cipularang), peningkatan volume (kendaraan) yang melintas jalur Padalarang - Cikalong Wetan mencapai 60 persen," kata Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Suharto via telfon seluler, Kamis (29/12/2016).

Suharto menjelaskan pengalihan arus lalu lintas itu harus dilakukan untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di Tol Cipularang. Salah satunya memberlakukan penutupan di kilometer 84 dan kilometer 66 dari arah Jakarta menuju Bandung.

"Kendaraan yang akan keluar di titik-titik tersebut (KM 84 dan KM 66) akan menggunakan jalur Purwakarta - Cikalong Wetan - Padalarang," ungkap dia.

Menurutnya dengan adanya pelimpahan kendaraan Tol Cipularang tersebut secara otomatis jalur Cikalong Wetan - Padalarang cukup meriah. Sehingga terjadi kepadatan arus lalu lintas di jalur arteri tersebut.

"Penyebab kepadatan tersebut, kontur jalan banyak tikungan, tanjakan, turunan. Banyak kendaraan berat seperti kontener, truk dan bus saat menanjak dan menurun tidak bisa cepat. Kecepatannya rata-rata 10 - 20 kilometer/jam sehingga terjadi perlambatan dan pengekoran," terang Suharto.

Suharto menuturkan antrean kendaraan yang terjadi di Jalur Padalarang - Cikalong Wetan - Purwakarta ini hanya terjadi di tanjakan Cikubang dan Wadon. Kedua titik itu memiliki kontur jalur yang cukup ekstrim.

"Kalau dari arah Padalarang hanya terjadi antrean di tanjakan Cikubang rata-rata ekor setengah kilometer. Kalau tanjakan Wadon sendiri karena tanjakan tajam dan turunan terjal ekornya terjadi di Purwakarta sampai Cikampek maksimal 1 kilometer ekornya," tutur dia.

Suharto mengimbau kepada seluruh pengendara bermotor yang akan melintas jalur Padalarang - Cikalong Wetan - Purwakarta untuk memperhatikan kondisi kendaraannya sebelum berangkat. Jangan sampai mengalami gangguan yang berdampak terhadap kemacetan di jalur tersebut.

"Sebelum berangkat kendaraan diperiksa, fungsi rem, mesin, lampu, termasuk BBM juga. Karena kalau sampai mogok dampaknya akan besar terhadap kemacetan di jalur itu," kata Suharto.

Sumber: Detik
Sudah dilihat 128 kali

Komentar