Cungkring Bapak Jumat, Kuliner Legendaris Bogor Nan Gurih

1 July 2019, 18:29 WIB
1 0 68
Gambar untuk Cungkring Bapak Jumat, Kuliner Legendaris Bogor Nan Gurih
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH,AYOBOGOR.COM--Kawasan Gang Aut, di Jalan Suryakencana Kota Bogor sejak dulu dikenal sebagai kawasan kuliner. Di kawasan tersebut, banyak deretan makanan legendaris yang sudah menjadi favorit pemburu kuliner. Salah satu di antaranya adalah Cungkring Bapak Jumat.

Bagi sebagian orang yang bukan warga Bogor mungkin kuliner cungkring bapak Jumat masih belum terlalu familiar. Tapi jangan salah bagi warga Bogor kuliner ini menjadi santapan favorit yang cocok disajikan untuk sarapan atau santap makan siang.

Cungkring Bapak Jumat ada­lah makanan dengan komposisi kikil kaki sapi, lontong, saus kacang, kerupuk tempe goreng dan bumbu kecap. Rasanya gurih dan manis.

Asep, pemilik generasi kedua cungkring Bapak Jumat mengatakan kuliner ini sudah ada sejak tahun 1975. Sejak dulu hingga sekarang Asep berjualan dipersimpangan gang Aut.

"Cungkring itu dari kaki sapi terus direbus, dipotong-potong dicampur sama tempe, lontong. Sebenarnya namanya bukan cungkring tapi goreng cunggur, tapi sama bapak dikasih nama cungkring," ujar Asep ditemui di lapaknya, Rabu (26/5/2019).

Dia mengatakan resep cungkring milik keluarganya ini ditemukan oleh sang ayah yakni Bapak Jumat. Kemudian diturunkan kepada Asep, adik Asep dan Keponakannya.

"Jadi kita jualannya gantian, kalau pagi adek saya, siang saya yang jualan dan sorenya keponakan saya tapi rasanya sama karena yang masak ini masih sama, yang masak bapak," ungkap Asep.

Dia mengatakan penggemar cungkring milik Bapak Jumat ini sudah begitu banyak. Bukan hanya datang dari Bogor namun juga dari luar daerah. Bahkan masakan khas keluarganya ini sudah sering diundang untuk acara pesta maupun even-even kuliner tingkat kota maupun nasional.

Dalam sehari jika bukan disaat akhir pekan Asep mengaku bisa menghabiskan sekira 200 porsi cungkring. Jika akhir pekan pesanan meningkat 3 kali lipat menjadi 600 porsi dalam sehari.

"Cungkring ini hanya di Bogor, masakan khas Bogor hampir sama dengan soto kuning tapi bedanya ini pakai bumbu kacang dan lontong. Harganya kita jual Rp.17.000 untuk satu porsi," tukas Asep.

  Komentar untuk Cungkring Bapak Jumat, Kuliner Legendaris Bogor Nan Gurih

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!