Cara Membuat Media Tanam

3 0 40
Gambar untuk Cara Membuat Media Tanam
Bahan Utama (Tanah) Lapisan tanah yang baik utk dijadikan adalah bagian atas/top soil. Tanah lempung memiliki drainase kurang baik & tanah berpasir tidak bisa menyimpan air, namun memiliki aerasi yang baik. Metan yang baik harus bersifat gembur tidak terlalu lempung & tidak terlalu berpasir. Humus atau Kompos Kompos adalah bahan organik yang berasal dari sisa bahan organik yang mengurai. Bagi tanaman, kompos penyedia unsur hara. Selain itu, dengan menambahkan kompos maka fisik tanah & KTK (kapasitas tukar kation) akan diperbaiki.

Kompos yang belum matang, berpotensi menyebarkan penyakit, untuk itu gunakanlah kompos yang sudah matang. Selain kompos, kita juga dapat menggunakan humus sebagai media tanam karena memiliki unsur hara yang tinggi.

Arang Sekam Arang Sekam dapat meningkatkan kapasitas porosit tanah. Juga dapat mempengaruhi partikel dalam tanah yang mempengaruhi pergerakan udara dan air sehingga berpengaruh pada kelembaban tanah.

Arang sekam juga dapat meningkatkan daya ikat air, menetralisir keasaman tanah, menetralisir racun, menjadikan tanah gembur dan kesuburan tanah yang baik karena dapat merangsang mikroba untuk tumbuh. Cara Membuat Media Tanam Organik.

Bahan : 1. Top soil atau lapisan tanah bagian atas 2. Kompos / humus / pupuk kandang / tepung cacing tanah 3. Arang sekam - Tanah harus dalam keadaan kering (hindari gumpalan), subur dan gembur, diayak menjadi butiran-butiran halus.

- Siapkan kompos / humus / pupuk kandang / tepung cacing - Siapkan juga arang sekam. - Campurkan ketiga bahan tersebut sempai benar-benar merata. - Perbandingan 2 : 1 : 1 atau 1: 1 : 1 - Setelah tercampur merata, masukan ke dalam karung dan diikat rapat selama 24 jam.

- Selanjutnya sudah bisa dimasukkan ke media tanam untuk menanam. Demikianlah syarat & cara membuat sendiri dengan kualitas yang diinginkan. Namun demikian, hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi yang tinggal di perkotaan. Yang biasa yang digunakan penghobi :

tanah berat tanah ringan tanam kemasan siap pakai Untuk menyempurnakan ketiga media tersebut, dapat kita lakukan hal-hal sbb :

MEDIA TANAH BERAT Pilihan komposisi yang bisa digunakan : 1. Tanah berat + pupuk kandang + sekam mentah + pasir (1:1:2:1) 2. Tanah berat + pupuk kandang + sekam bakar + pasir (1:1:3:1) 3. Tanah berat + pupuk kandang + sekam mentah (1:1:3) 4. Tanah berat + pupuk kandang + sekam bakar (1:1:4) 5. Tanah berat + pupuk kandang + pasir (1:1:1)

MEDIA TANAH RINGAN Pilihan komposisi yang bisa digunakan : 1. Tanah ringan + pupuk kandang + sekam mentah (1:1:1) 2. Tanah ringan + pupuk kandang + sekam bakar (1:1:2) 3. Tanah ringan + pupuk kandang (1:1)

MEDIA TANAM KEMASAN SIAP PAKAI Pilihan komposisi yang bisa digunakan : 1. Media kemasan + sekam mentah + pasir (3:2:1) 2. Media kemasan + sekam bakar + pasir (3:3:1) 3. Media kemasan + sekam mentah (1:1) 4. Media kemasan + sekam bakar (1:2) 5. Media kemasan + pasir (5:1) Namun perlu diketahui, media tanam kemasan belumlah sempurna. Untuk itu setelah 1 minggu tanaman ditanam, perlu pemberian pupuk kandang secukupnya yang ditaburi di atas media.

Sumber: Kementan RI

  Komentar untuk Cara Membuat Media Tanam

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Kabupaten Bandung Kembali Perbarui Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Baleendah, Bandung Kabupaten  |  18 Nov 2020
  2. "Daring Sosialisasi Peta Bencana.id disaat Pandemi"

    Saffanah Mubarok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  20 Nov 2020
  3. Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. GURU TK ABA MENCOREK BERTEKAD MEMBENTUK KARAKTER ANAK DIPENDIDIKAN USIA DINI

    Roy cahya pratama putra  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar

    The Secret of happiness

    Umi Hadiqotul Jannah  di  Jombang, Jember  |  21 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    GESEKAN YANG POSITIF

    TOKHIDUL MIKBAR  di  Jatibarang, Brebes  |  21 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Situasi dan Kondisi Bukan Hambatan Petani

    Izzatul Fajriyah  di  Brondong, Lamongan  |  22 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    Kabupaten Bandung Kembali Perbarui Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Baleendah, Bandung Kabupaten  |  18 Nov 2020