Cara bikin ketupat

26788 medium pixlr 20180617201922337
Hidangan Ketupat menjadi hal yang wajib saat Hari Raya Idul Fitri. Ketupat terasa nikmat disantap bersama opor ayam, rendang dan dendeng paru. Perpaduan ini mampu membuat setiap orang yang menyantapnya ketagihan.
Sayang tak semua orang bisa membuat ketupat yang empuk dan tahan lama. Nah, daripada membeli ketupat, Anda bisa membuat sendiri di rumah. Berikut tips resep ketupat seperti dikutip Tastemade.
Bahan-bahan:
Daun kelapa muda atau janur
500 gr beras
Cara membuat:
Ambil daun kelapa yang masih muda atau janur kemudian buang batang keras pada bagian tengah daun kelapa tersebut. Ambil 1 helai janur dan lipat tiga kali pada tangan kiri anda dengan posisi bagian bawah janur menghadap ke atas.
Ambil 1 helai lagi dan taruh di atas tangan kiri dengan sedikit ditekan oleh jempol, masukan secara beselingan. Ambil salah satu janur dan putar ke belakang searah janur sebelumnya. Masukkan ujung janur yang sudah diputar tadi seperti menganyam kedalam janur yang di tengah.
Lanjutkan anyaman tadi sampai bawah tangan. Lakukan hal yang sama pada janur yang lain. Teruskan dengan ujung pangkal janur yang berada disamping sampai bertemu diatas ujung ketupat. Terakhir tarik janur secara perlahan agar anyaman tidak rusak.
Masukkan beras secara perlahan ke dalam anyaman ketupat. Rebus air setengah mendidih lalu masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Pastikan seluruh badan ketupat terendam air. Rebus ketupat selama 4 - 5 jam. Angkat dan diamkan beberapa saat. Ketupat siap dihidangkan.
Sudah dilihat 66 kali

Komentar