Bogor Luncurkan 'Neng Titu Sehat', Program Administrasi Bayi Baru Lahir

55148 medium dom 1550995211
Oleh : Fira Nursyabani

CIBINONG, AYOBOGOR.COM -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor meluncurkan program 'Neng Titu Sehat'. Program ini diperuntukkan bagi anak yang baru lahir agar bisa langsung mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan.

"Program ini adalah 'Neng Titu Sehat' dengan sasaran ibu-ibu melahirkan," kata Bupati Bogor Ade Yasin, usai peresmian Program "Neng Titu Sehat" dan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) di Cibinong, Bogor, Kamis (21/3/2019).

Ia menambahkan, melalui program itu maka setiap anak lahir akan dapat pelayanan administrasi kependudukan seperti akta kelahiran, kartu keluarga, dan kartu identitas anak

Namun, pelayanan administrasi kependudukan tersebut bisa langsung dilakukan jika si-ibu melahirkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED) di seluruh wilayah Kabupaten Bogor.

"Inovasi dalam pelayanan akan terus ditingkatkan, karena pelayanan kepada masyarakat harus maksimal," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ade juga menyampaikan jika kini masyarakat Kabupaten Bogor yang ingin mengurus dokumen kependudukan tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bogor di Cibinong.

Saat ini sudah ada tujuh Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kependudukan dan Pencatatan Sipil, tersebar di Parung, Rumpin, Ciawi, Cijeruk, Cibungbulang, Luewisadeng, dan Cilengsi.

Menurut dia, di antara tujuan program GISA dan "Neng Titu Sehat" ialah untuk memaksimalkan pelayanan adminstrasi kependudukan. GISA merupakan sebuah gerakan untuk membangun pemerintahan yang sadar atas pentingnya administrasi kependudukan, pentingnya pemanfaatan data kependudukan, pentingnya pemutakhiran data kependudukan, dan pentingnya pelayanan administrasi kependudukan.

Sudah dilihat 36 kali

Komentar