Bisa Loh, Kurangi Rasa Kantuk Tanpa Kopi!

21 February 2018, 1:22
5 0 32
Gambar untuk Bisa Loh, Kurangi Rasa Kantuk Tanpa Kopi!
Buat beberapa orang, rasa kantuk mungkin menjadi halangan buat tetep fokus ketika sedang bekerja atau sedang kuliah. Dalam hal demikian, kopi kerap dijadikan 'obat'. Namun, ada cara lain untuk mengusir rasa kantuk selain dengan kopi.

Berikut cara sederhananya, seperti dikutip dari LifeHack, Rabu (21/2/2018).

Melatih Indra Mata
Ritme internal tubuh Anda diatur oleh jumlah cahaya yang masuk ke mata. Semakin besar eksposur Anda, semakin Anda menjadi waspada. Untuk itu, jagalah cahaya di kantor atau ruangan Anda tetap terang.
Selain itu, ada cara lain melatih mata Anda dengan melihat ke atas, ke bawah, ke sisi kanan, kiri, menutup mata, kemudian membuka mata lebar-lebar. Anda bisa mengistirahatkan mata Anda dengan berkedip dan melihat ke jarak berjauhan.

Melatih Pendengaran
Dari mata, kita bisa beralih ke indra pendengaran, telinga. Untuk menstimulasi indera pendengaran, Anda bisa mencoba terlibat dalam percakapan dengan bicara dengan rekan kerja, berdiskusi, atau melatihlah dengan mendengarkan apa yang Anda dan orang lain katakan. Namun jika kegiatan diskusi ini tidak memungkinkan bagi pekerjaan Anda, cobalah mendengarkan musik enak yang disukai, seperti hip-hop, rock, atau jazz untuk membuat Anda tetap melek dan fokus.

Melatih Penciuman Anda
Anda bisa mengurangi rasa kantuk dengan melatih indra penciuman Anda. Cobalah menghirup aroma terapi seperti minyak esensial peppermint yang berfungsi meningkatkan energi, rosemary untuk membangun kesadaran, kayu putih untuk meningkatkan oksigen, kayu cedar untuk mengaktifkan pikiran Anda, dan kayu manis. Jika tak ada minyak esensial, Anda juga bisa menggunakan lotion dengan aroma di atas.

Gunakan Indra Perasa
Di bagian ini, Anda menggunakan lidah Anda. Ya, apa yang Anda konsumsi di pagi hari ternyata berpengaruh bagi kondisi Anda di siang hari. Makan-makanan sehat seperti sereal, roti gandum, buah-buahan, telur atau sosis bisa membuat Anda tetap berenergi di siang hari. Kemudian, minum air putih juga menghindari Anda dari dehidrasi, lelah, lesu, dan mengantuk.

Stimulasi Kulit dan Tubuh
Jika Anda merasa mengantuk di siang hari, salah satu stimulasi yang bisa Anda lakukan adalah menyipratkan air dingin ke wajah Anda. Sebab, terkena air dingin dapat mendorong tubuh Anda mengatur suhu internalnya dan membuat Anda waspada. Kemudian untuk stimulasi tubuh, bergeraklah dari kursi kerja Anda. Bangun dari kursi, berdiri, berjalan, berlari, atau menaiki tangga.

Selamat mencoba!

(inews.id)

  Komentar untuk Bisa Loh, Kurangi Rasa Kantuk Tanpa Kopi!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!