Bisa Gelitiki Diri Sendiri, Pertanda Gangguan Jiwa Mirip Skizofrenia

2915 medium skiz
Normalnya, seseorang hampir tidak mungkin menggelitiki diri sendiri sampai benar-benar terasa geli. Namun beberapa orang bisa melakukannya, dan diyakini berhubungan dengan gangguan mirip skizofrenia.

Saat seseorang menggelitik diri sendiri, otak akan mengenalinya sebagai aktivitas yang disengaja. Sinyal yang dihasilkan akan berbeda ketika digelitiki orang lain, sehingga tidak akan terasa geli.

Para ilmuwan dari University of Lille di Prancis baru-baru ini mengungkap bahwa gangguan skizofrenia bisa mengubah respons otak terhadap sinyal-sinyal tersebut. Pada pengidap gangguan semacam itu, otak tidak membedakan siapa yang menggelitik.

"Menggelitik diri sendiri yang berhasil, berhubungan dengan lebih banyak laporan mandiri tentang pengalaman perseptif yang tidak biasa," tulis para ilmuwan dalam laporannya, dikutip dari Dailymail, Rabu (30/3/2016).

Berbagai penelitian sebelumnya memastikan bahwa menggelitik diri sendiri memberikan efek yang lebih kecil dibandingkan saat digelitik orang lain. Dalam penelitian ini, para ilmuwan mengaitkannya dengan tanda-tanda gangguan jiwa skizofrenia.

Eksperimen yang dilakukan menunjukkan bahwa pada partisipan dengan skor schizotypal yang tinggi, menggelitik diri sendiri maupun digelitik punya efek yang sama. Skor schizotypal yang tinggi menunjukkan kerentanan yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan seperti skizofrenia.
Sudah dilihat 104 kali

Komentar