Biber, Solusi Pengolahan Sampah Kekinian dari Warga Bojongsari

29 January 2019, 17:13 WIB
3 0 93
Gambar untuk Biber, Solusi Pengolahan Sampah Kekinian dari Warga Bojongsari
Sekarang bukan zamannya lagi membuang sampah memakai kantong plastik. Sebab, kini mengelola sampah rumah tangga dapat lebih praktis dengan metode Biopori Ember atau Biber. Cara tersebut dilakukan warga RW 14 Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok sebagai solusi mengurangi volume sampah rumah tangga masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung.

Menurut Ketua RW 14 Kelurahan Bojongsari Daud Sulaiman, dengan metode Biber, warga RW 14 diajak untuk secara praktis mengelola sampah rumah tangga. Dikatakannya, Biber merupakan salah satu bagian dari program Sampah Ada Langsung Ambil Bersih, Sehat, Rapih, dan Indah (Salam Berseri). Terlebih, metode ini juga tidak sulit dikerjakan karena hampir sama dengan pembuatan lubang biopori.

“Tetapi untuk di metode Biber ini kami memanfaatkan ember atau bekas cat yang diberi bolongan,” jelas Daud, sapaan akrabnya, kepada depok.go.id, baru-baru ini.

Dirinya menuturkan, untuk membuat Biber terlebih dahulu menyiapkan ember atau bekas cat yang sudah diberi bolongan, baik di bawah maupun sekeliling ember lubang seperti pori-pori. Kemudian ember atau bekas cat ini ditanam di dalam tanah, setelah itu lubang yang sudah ada bisa langsung diisi setiap hari oleh sampah organik.

“Prinsipnya sampah organik yang penting nempel dengan tanah akan berproses menjadi tanah kembali. Jadi kalau ingin cepat, sampahnya diaduk dengan tanah atau kompos yang udah jadi di atasnya. Kalau sudah penuh bisa diambil dan dimanfaatkan untuk kompos. Sedangkan sampah anorganik bisa ditabung ke bank sampah” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Bojongsari, Undang Hidayat mengaku bangga atas inisiasi yang diberikan warga RW 14. Diharapkan warga RW 14 bisa menerapkan program Salam Berseri terlebih mengimplementasikan Biber di rumah masing-masing.

“Harapan kami Biber dan bank sampah di RW 14 dapat menjadi pilar dan contoh untuk diterapkan setiap RW di Bojongsari. Kemudian juga ditingkat pengelolaannya di rumah tangga, sehingga sampah tidak di buang ke TPA Cipayung,” pungkasnya.

sumber: PemkotDepok
foto: DiskominfoDepok

  Komentar untuk Biber, Solusi Pengolahan Sampah Kekinian dari Warga Bojongsari

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!