Bersinergi untuk Meraih Terbaik dalam Lomba LBS-PHBS 2019 Tingkat DIY

1 0 88
Gambar untuk Bersinergi untuk Meraih Terbaik dalam Lomba LBS-PHBS 2019 Tingkat DIY
Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Kelurahan Wirogunan, Kec. Mergangsan, Kota Yogyakarta meraih Terbaik 1 dalam Perhelatan Evaluasi Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan Kesehatan tahun 2019 tingkat Kota Yogyakarta. Perhelatan tersebut telah dinilai oleh Tim Juri Kota Yogyakarta pada Rabu (18/9/2019). Konsekwensi logis atas hasil terbaik 1 tersebut, Kelurahan Wirogunan, berhak mewakili Kota Yogyakarta dalam penilaian tingkat Provinsi DIY.

Persiapan warga menyambut tim penilai, sudah mulai terasa di wilayah yang menjadi locus kegiatan, yaitu di wilayah RW 08, RW 03, RW 02 dan RW 01. Persiapan tersebut antara lain memaksimalkan koordinasi antar warga, sosialisasi dan motivasi warga untuk terus menjaga kebersihan lingkungan, merubah mindset warga, agar penilaian ini hanya sebagai salah satu motivasi warga dalam menjaga lingkungan, dan persiapan-persiapan lain. Penilaian tingkat Provinsi DIY, akan dilaksanakan pada 22 Oktober 2019 mendatang.

Pemberdayaan masyarakat, dalam hal ini, dimaksudkan agar masyarakat terus menjaga kebersihan lingkungan, lingkungan bersih dan sehat serta masyarakat berprilaku bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari. Lomba hanya sebagai sarana stimulus bagi warga, agar masyarakat mau dan mampu menjadi LBS dan PHBS.

Salah satu persiapan ditingkat Kelurahan antara lain komunikasi dan koordinasi antar lembaga, khususnya Kelurahan, LPMK, BKM, TP PKK, Kelurahan Siaga (Kesi), dan Karang Taruna. Koordinasi dan komunikasi ini dimaksudkan agar informasi yang diterima relatif sama atas informasi yang diterima. Disamping itu, nantinya ada langkah-langkah strategis menghadapi tim penilai.

Lurah Wirogunan, Erwina Siwi Utami menuturkan bahwa kegiatan lomba LBS dan PHBS ini menjadi beban moral semua pihak, baik kader maupun kelembagaan. Menjadi terbaik atau tidak, adalah hadiah dari suatu proses, karena hasil tidak pernah mengkhianati proses. Lingkungan bersih dan sehat serta prilaku hidup yg bersih dan sehat adalah tujuan utamanya. "Kami mengajak seluruh masyarakat Kel. Wirogunan, khususnya masyarakat yang menjadi locus kegiatan, untuk mensukseskan perhelatan Evaluasi LBS dan PHBS", tutur Lurah yang belum genap satu tahun berada di Kel. Wirogunan. (KangRozaq)

#WirogunanSemarak
#AbdulRazaq
#LombaLBSPHBSDIY
#LPMKWirogunan
#TPPKKWirogunan
#TerusBergerak
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Wakil Walikota akan Launching "Gerakan Relawan Hijau", Kampung Surokarsan RW 04

    Abdul Razaq  di  Pakualaman, Yogyakarta  |  3 Dec 2020
  2. Suro Amerta Surokarsan Titik Finish Gowes Bareng Promosi Wisata Kampung

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  29 Nov 2020
  3. Semangat Harlah KOPRI dari Pulau Putri

    Nensi Indri  di  Gresik  |  30 Nov 2020
  4. TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hayya 'Alal Jihad Itu Lafazh Bid'ah Dalam Azan

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kemang, Bogor Kabupaten  |  30 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  3. 2
    Komentar

    Wakil Walikota akan Launching "Gerakan Relawan Hijau", Kampung Surokarsan RW 04

    Abdul Razaq  di  Pakualaman, Yogyakarta  |  3 Dec 2020
  4. 1
    Komentar

    Jurus Jitu Camat Menurunkan Angka AKI-AKB

    Sarip Hidayatulloh  di  Parungkuda, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020