Berpotensi Sebabkan Stunting, Dinkes Soroti Anemia di Kalangan Remaja Putri

23598 medium dinkes gelar rakor lintas sektor pelaksanaan suplementasi tablet tambah darah8 595x397
depok.go.id- Pemerintah tengah menyoroti permasalahan stunting (gagal tumbuh pendek). Salah satu penyebabnya, dimulai dari kelalaian remaja putri pada penyakit anemia yang dimiliki.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, May Haryanti mengatakan, remaja putri sangat rentan terjangkit anemia. Pasalnya, setiap bulan siklus menstruasi datang dan memicu anemia jika tidak ditambah dengan asupan yang tepat untuk penambah darah.

“Saat menstruasi, remaja putri kekurangan banyak darah dan itu dapat menyebabkan anemia. Maka sangat dianjurkan mengonsumsi tablet penambah darah dan makanan yang bergizi sebagai pengganti darah tersebut,” tuturnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan May, jika remaja putri mengalami anemia, saat hamil nanti akan berdampak pada janin yang dikandungnya. Penderita anemia akan menghambat oksigen yang masuk pada janin. Keadaan tersebut akan menyebabkan bayi stunting dan lahir dengan berat badan rendah.

Lebih lanjut, sebagai upaya dalam mengantisipasi terjadinya anemia pada remaja putri, May berpesan kepada seluruh remaja putri untuk rutin mengonsumsi tablet tambah darah. Terlebih saat siklus menstruasi, agar terbebas dari anemia.

“Saat menstruasi, remaja putri dianjurkan untuk mengonsumsi tablet tambah darah setiap hari. Selanjutnya juga rutin mengonsumsi sekali dalam seminggu,” tutup May.



Penulis : Indri Purnama

Editor : Retno Yulianti dan Yulia Shoim

Diskominfo
Sudah dilihat 50 kali

Komentar