Berbagai Cara Mengatasi Ulah Tikus Di Rumah

Nyzykrvettybqh0dlaapjpryx9qwmwva15wr3zhrru4aywod7pfauxgi r7knoh56w w300
Tikus adalah hewan pengerat yang dianugerahi Allah kepandaian dan kecerdikan, kita dibuat kesal bercampur kagum jika rumah kita disatroni tikus.

Ada saja cara bagi tikus untuk masuk ke dalam rumah, yang tidak kita duga bagaimana bisa, padahal rumah sudah rapat dan bersih.

Rumah yang nyaman dapat dibuat berantakan, gaduh karena ulah tikus.

Ada berbagai macam cara untuk mengusir atau mencegah tikus menyatroni rumah, walaupun tidak 100 % menjamin rumah bebas dari serbuan tikus, namun minimal mengurangi dampak yang ditimbulkan karena tikus-tikus nakal.

1. Memelihara kucing,
sejak zaman dahulu, masyarakat mengenal kucing sebagai musuh bebuyutan tikus, sehingga dengan memelihara kucing di rumah, akan mengantisipasi ulah tikus.

2. Memelihara Jangkrik,
suara jangkrik mengerik terbukti dapat mengurangi aksi kawanan tikus, sehingga cara ini banyak dipakai masyarakat, khususnya di pedesaan.
Sesuai kemajuan zaman, ada alat yang dapat bersuara seperti jangkrik asli, atau memutar file audio rekaman suara jangkrik, banyak pula tersedia aplikasi suara jangkrik yang diinstall ke dalam smartphone.

3. Menaruh buah bintaro,
buah yang beracun ini, berguna untuk mencegah tikus masuk kedalam rumah, mungkin karena kandungan toksik atau aroma buah bintaro tidak disukai tikus.
Cara ini bisa diterapkan jika buah bintaro mudah didapatkan disekitar rumah.

4. Memakai jebakan tikus, metode ini sudah lama digunakan masyarakat, namun agak merepotkan karena harus memasang jebakan dan menyiapkan umpan, belum tentu ada tikus yang terperangkap ke dalamnya, karena tikus punya instink yang kuat terhadap bahaya yang mengancam dirinya.

5. Alat Ultrasonic, suara frekwensi tinggi yang keluar dari alat ini, dipercaya mampu mengusir dan mencegah tikus beraksi di dalam rumah, namun harus siapkan anggaran lebih untuk membeli alat dan biaya pemakaian listrik.

6. Menyemprotkan pewangi pakaian,
cara ini sudah banyak dipakai masyarakat, aroma pewangi mungkin membuat tikus tidak nyaman, namun hanya dapat bertahan untuk sementara waktu, jika kandungan kimia sudah menguap habis, tikus akan datang kembali.

7. Menaburkan lada putih atau lada hitam,
serbuk lada putih atau lada hitam, cara yang cukup ampuh dan murah untuk mengatasi kenakalan tikus, taburkan lada putih atau lada hitam di tempat-tempat yang berpotensi menjadi persembunyian tikus dalam rumah.
Aroma lada dapat bertahan relatif lama dan tidak disukai oleh tikus.

Komentar