Begini loh beda aki kering dan basah

60407 medium post 66089 ef84797e 05c2 4377 8584 badcc532f2b6 2019 05 05t10 05 58.023 07 00
Nggak hanya puasa aja di bulan ramadan, kamu juga pasti mikirin mudik kan?. Kalau sudah bicara mudik tentu bicara juga masalah kendaraan, dan mayoritas pengendara lebih senang menggunakan sepeda motor dibanding mobil.
"Kanapa?"
Ayu warga Bekasi timur jelaskan jika mudik dengan mobil, macetnya parah.
"nggak deh kalo make mobil, macetnya itu lumayaan, belum di tol belum juga di jalanan umumnya. Tahun kemarin mobil setak (diam) berjam-jam, perkara ada tol baru, mungkin tahun sekarang nggak seperti tahun lalu macetnya." ucapnya.
Nah loh.. Kalau sudah ke sepeda motor, mari kita bahad hal intim dari kendaraan bermesin roda dua ini. Yang paling utama kamu pasti krnal dengan aki, kita sebut daja baterai. Penamping dan Pemasok listrik yang diberik spul (putaran beberapa komponen dalam mesin) dan selanjutnya diberikan ke lampu, klakson bahkan starter mesin. Tapi, kamu juge mesti kenal dengan Aki loh, bukan hanya fungsinya aja.
Oke.. Saya jelaskan
Aki ada 2 jenisnya. Ada kering dan basah, sebenarnya kalau di bongkar kedua-duanya memiliki cairan, baik aki basah maupin yang dapet sebutan kering. Namun keduanya berbeda dalam beberapa hal, diantaranya yakni;
1. Perawatan
Aki kering tidak butuh perawatan, sebab aki ini tidak meminta anda mengisi cairan apapun di dalamnya, lain dengan aki basah, yang meminta anda mengecek permukaan cairan. Bagaimana mengecek permukaan cairannya? Tenang sob, aki basah berwarna bening, jadi kamu bisa melihat apa aja di dalamnya. Lain hal dengan aki kering yang berwarna hitam, dan kamu gabakal bisa melihat sesuatu di dalamnya.
2. Harga
Aki kering lebih mahal dibanding ako basah. Menurut bengkel sperpart ya g ada di Bekasi Timur, harga yang mahal lantaran cara pemakaian yang tidak butuh perawatan.
"nggak butuh perawatan, tinggal pasang yang baik, dijamin jos (awet/bagus)" uap penjual yanh enggan disebut namanya.
Sedangkan aki basah lebih murah, ini lantaran butuh perawatan khusus.
Sejauh ini saya hanya bisa kasih 2 poin perbedaan saja yah. Jika kamu mau kenalan lebih jauh, sebenarnya ada kok pengetahuan/cara untuk membetulkan aki soak/tidak bisa menampung listrik/mati pada aki kering. Next saya jelaskan kembali.
Semoga bermanfaat, dan dari saya Marhaban ya Ramadan.
Hey. Ini atmago loh, kamu bisa berbagi info yang baik di sini.
sumber:gridoto
Sudah dilihat 46 kali

Komentar