Banjit bandang yang melanda kec.Bungku utara kab.morowali utara prov.sulawesi tengah

62844 medium fb img 1559453380519 62845 medium fb img 1559434687008
Pada hari saptu (1/5/2019), banjir bandang di sertai lumpur yang melanda hampir keseluruhan desa di kecamatan bungku utara.wilayah yang berada di kabupaten morowali utara provinsi sulawesi tengah.

Di karnakan wilayah ini masih berada di musim hujan, Di tambah lagi kecamatan Bungku utara sudah beberapa hari di guyur hujan tanpa henti. Luapan sungai di kecamatan bungku utara mempengaruhi genangan air di sejumlah desa yg berada di kecamatan tersebut.

“ kondisi Air di beberapa desa sudah mulai surut dan cuaca mulai membaik. Namun, masyarakat tetap harus waspada dalam beberapa hari ke depan di karnah kondisi wilayah bungku utara masi berada di musim hujan.
Air berlahan-lahan mulai surut, dan juga di desa baturube masarakatnya sudah mulai membersikan rumahnya merek masing-masing dari sisa-sisa Lumpur yg di tinggalkan sesudah banji bandang.

Dalam kejadian ini belum ada laporan yg masuk bahwa adanya korban jiwa, namun bencana ini mengakibatkan banyaknya rumah warga yg terendam dan hanyut di bawa banjir tak hanya itu akses darat yang menghubungkan kabupaten banggai dan kabupaten morowali utara tidak bisa dilalui, di karnakan terputusnya jembatan dan jalan. di tambah lagi akses laut juga terputus akibat gelombang besar dan cuaca buruk.

"akibat terputusnya akses darat dan laut di wilayah ini dan banyaknya masarakat kecamatan bungku utara, yang akan melakukan mudik di hari raya IDUL FITRI maka mereka harus rela menunggu sampai semua kembali bisa di lalui.

Di wilayah pesisir pantai kec. Bungku utara, sejumlah nelayan turut terkena dampak cuaca buruk dan gelombang air laut yg besar, Di tambah lagi naiknya banjir bandang, di desa yg berada di pesisir pantai terhenti aktivitas mereka terhenti untuk sementara waktu sambil menunggu keadaan benar-benar sudah membaik.

EDITOR: KIKI LOP
Sudah dilihat 29 kali

Komentar