Bahaya Yang Mengintai Akibat Tidur Terlalu Lama

warga di sekitar Anda di Kramat Jati, Jakarta Timur
45561 medium post 52370 983f88c8 a3c6 472a 9853 2531ca28eab8 2019 01 10t14 41 04.413 07 00
Assalamualaikum Atmaguys, selamat siang ya. Atmaguys, siapa sih yang tidak menikmati tidur? Berbaring di kasur yang empuk, sambil memeluk guling, ditambah pula dengan cuaca hari ini yang mendung mendung sejuk bikin kita nyaman dan rasanya ingin terus tidur saja, dibanding harus bekerja atau beraktivitas.

Berbicara tentang kebiasaan tidur, tentu berkaitan tentang kebutuhan jam tidur pada setiap orang ya. Kebutuhan jam tidur pada setiap orang pastinya berbeda, tetapi normalnya untuk orang dewasa antara 7 sampai 9 jam, sedangkan lanjut usia (lansia) membutuhkan waktu tidur ideal sekitar 7 hingga 8 jam. Meski demikian, kebutuhan tidur bisa berubah, tergantung seberapa baik kualitas tidur Atmaguys.

Selain kurang tidur, tidur terlalu lama atau berlebihan juga menjadi masalah. Kantuk yang berlebihan ternyata merupakan tanda beberapa masalah kesehatan. Tidur terlalu lama juga bisa meningkatkan risiko banyak penyakit bahkan kematian. Tidur terlalu lama yang juga dikenal dengan istilah hipersomnia kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa mulai dari masalah tiroid, penyakit jantung, apnea, depresi, narkolepsi, dan pengaruh obat tertentu. 

Secara umum, tidur adalah cara terbaik untuk memulihkan kondisi tubuh agar jadi bugar lagi. Pada dasarnya, waktu tidur kita juga tergantung pada usia dan tingkat aktivitas kita, juga dengan kondisi tubuh dan kebiasaan gaya hidup. Bagi orang yang menderita hypersomnia, tidur terlalu lama bukan diakibatkan kemalasan, namun memang merupakan gangguan medis.

Ketika Atmaguys tidur terlalu lama dan merasakan ada yang “salah” dengan tubuh, sehingga aktivitas Atmaguys terganggu, ada baiknya memeriksakan diri Atmaguys ke dokter. Siapa tahu Atmaguys menderita beberapa penyakit seperti ditulis di Kompas.com di bawah ini, karena Atmaguys sering tidur terlalu lama.

1. Diabetes
2. Penyakit jantung
3. Cepat lupa
4. Gangguan kecemasan
5. Depresi
6. Sakit punggung
7. Obesitas


Terdapat beberapa cara yang bisa Atmaguys lakukan untuk mengurangi kebiasaan tidur terlalu lama, seperti; membuat jadwal tidur, olahraga secara rutin, mengatur kamar supaya tidur terasa nyaman, mengurangi konsumsi kafein 6 jam sebelum jam tidur, menghindari konsumsi alkohol, dan yang paling penting tenangkan isi kepala kalian ya Atmaguys.


Referensi :

https://www.alodokter.com/bahaya-tidur-terlalu-lama-jangan-dianggap-sepele

https://m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180219180704-255-277246/bahaya-tidur-terlalu-lama-sakit-kepala-hingga-kematian

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/6-efek-buruk-tidur-terlalu-lama/

https://id.theasianparent.com/bahaya-tidur-terlalu-lama/
Sudah dilihat 59 kali

Komentar