Bahaya hoax, ini tanggapan Kepala Sekolah di Kediri

23111 medium img 20180326 wa0021
Kediri. Kepala Sekolah SMK Pawyatan Dhaha Agus Santoso, turut angkat bicara menyoal maraknya hoax diberbagai konten medsos, sebagaimana responnya dari apa yang sudah dilakukan siswa siswinya saat mendeklarasikan anti hoax bersama Koramil 01/Kota di halaman sekolah, senin (26/03/2018)

Statement Koramil Kota untuk melawan dan menolak tegas hoax tertuang dalam isi deklarasi,yang mana disebutkan, menjaga persatuan dan kesatuan di dalam bingkai NKRI, menjaga kerukunan dan mewujudkan keharmonisan umat beragama, berpegang teguh pada Pancasila dan UUD 1945, menentang penyebaran Hoax berbau SARA yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa dan mendukung TNI untuk melawan dan menolak penyebaran Hoax yang merusak keutuhan bangsa.

Sebagaimana disampaikan langsung Agus Santoso, hoax sangat rentan memprovokasi dan disinformasi, terutama yang berkembang di medsos. Menurutnya, generasi muda harus didorong untuk meningkatkan literasi agar ke depan menjadi manusia yang kritis dan memiliki kehidupan lebih baik. Informasi atau berita yang benar dan sesuai kenyataan, saat ini dibutuhkan untuk mengurangi keterpengaruhan siswanya pada konten negatif ,karena dipenuhi berita hoax.

“Saat menggunakan medsos, siswa harus lebih berhati-hati dalam menggunakannya. Utamanya terhadap berita hoax yang berpotensi menyesatkan. Siswa harus pandai mencermati mana berita benar dan salah. Lebih lanjut, informasi yang bersifat fitnah, menyesatkan, bohong, dan menonjolkan kekerasan akan merusak tatanan kehidupan maupun di lingkungan sekolah,” katanya.

Dalam pandangannya, para pelajar sangat rentan mendapat berita hoax dan menyebarkannya. Mungkin karena emosi anak muda masih labil sehingga lebih gampang terpicu emosi dan lalu menyebarkannya.

“Untuk itulah media masa, menginformasikan ke masyarakat harus sesuai fakta, serta informasi yang mendidik. Berita hoax akan sangat merugikan diri sendiri, juga orang lain. Terlebih jika berita tersebut ditelan mentah-mentah tanpa ditelaah terlebih dahulu. Jika kelihatan dengan jelas bahwa berita tersebut adalah berita hoax, ia menyarankan agar tidak usah membaca, apalagi sampai membagikannya,”pungkasnya.

Youtube :
https://www.youtube.com/watch?v=GrDKzZjln6g

Komentar