ATMAGO X BRITZONE, Generasi Stop Sampah di Bumi!

4 March 2019, 14:08
1 0 107
Gambar untuk ATMAGO X BRITZONE, Generasi Stop Sampah di Bumi!
Oleh : Rara Yani (@yanigut)

Berbicara soal sampah tentunya kita masih dihadapkan pada permasalahan besar. Di tahun 2005 Indonesia pernah berduka dengan tragedi longsornya sampah di TPA Leuwigajah 14 tahun silam. Tepatnya di tanggal 22 Februari 2005, guyuran hujan selama dua hari berturut – turut membuat gunungan sampah di lokasi tersebut longsor dan menimbun perumahan penduduk serta memakan banyak korban. Peristiwa ini pun cukup menggegerkan dunia dan menyadarkan banyak pihak tentang pentingnya pengolalaan sampah dan peduli lingkungan.

Akan tetapi, akhir 2018 lalu, Indonesia kembali di hebohkan pada penemuan sampah plastik sebanyak 5,9 Kg di dalam perut bangkai paus yang terdampar di Pulau Kapota, Wakatobi. Hal ini membuktikan bahwa kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempat nya masih rendah, maka tidak heran jika Greeneration Foundation pernah menyebutkan bahwa Indonesia adalah Negara penyumbang sampah terbesar kedua ke laut di dunia. Sungguh bukan prestasi yang patut kita banggakan.

Melihat fenomena tersebut, pada hari minggu (3/3) Atmago yang merupakan situs web yang berslogan “Warga Bantu Warga” ini berkolaborasi dengan komunitas bahasa Inggris terbesar di Jakarta yang bernama Britzone untuk melakukan aksi bersih – bersih di Car Free Day (CFD) Jakarta. Aksi pertama mereka ini di mulai dengan menyanyikan lagu / yel – yel di depan Menara BCA yang kemudian di lanjutkan dengan long march sampai ke Dukuh Atas. Tidak hanya meneriakan yel – yel tentang “peduli lingkungan” Atmago X Britzone juga memunguti sampah yang ada di sekitar mereka sambil membawa kantong hitam besar. Mereka pun mengajak masyarakat untuk ikut serta dan berterima kasih bagi warga yang sudah membuang sampah pada tempatnya.

Cara untuk menyadarkan masyarakat pun dilakukan oleh mereka dengan tindakan yang berbeda. Atmago X Britzone membagi beberapa tim ke berbagai titik untuk bermain games bersama warga yang CFD di hari tersebut. Warga yang berpartisipasi diminta untuk menyebutkan dan menjelaskan 3 (tiga) klasifikasi sampah yaitu Organik, Anorganik dan B3. Kemudian, mereka mengambil gambar yang ada di dalam kotak secara acak dan memasukkan nya ke dalam lubang sampah (buatan) yang disesuaikan dengan gambar. Bagi warga yang benar, mereka berhak untuk mendapatkan merchandise yang sudah disediakan. Warga yang antusias pun langsung mendekat tanpa peduli keadaan pada jam tersebut sedang di landa hujan. Hal ini menunjukkan bahwa sebetulnya masih ada semangat peduli lingkungan di kalangan generasi muda khususnya milenial.

Hujan masih turun hingga pukul 10 pagi, tetapi semangat tim masih terus menyala. Saya pun sempat mewawancarai satu orang warga yang baru saja mengikuti games, dia bernama Putri. Putri yang bekerja di kawasan Sudirman ini ikut mengkampanyekan peduli lingkungan yang ia mulai dari dirinya sendiri.

“ Di mulai dari kita aja dulu untuk tidak menggunakan sedotan plastik, kita bisa menggantinya dengan stainless yang sudah banyak di jual online. Di kantor saya juga sudah wajib tumbler jadi tidak ada plastik atau botol. Kita bisa bayangin kalo sehari kita minum 4 Liter dan menggunakan botol plastik, maka berapa banyak sampah yang kita kontribusikan untuk Negara. Jangan sampai seperti itu.”

Pada waktu yang bersamaan, Atmago X Britzone juga berpapasan dengan UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang sedang mensosialisasikan penggunakan kantong belanja pribadi dan tumbler dibandingkan dengan plastik. Dengan visi dan misi yang sama, kami pun larut dalam diskusi lingkungan yang positif dan menyuarakan nya kepada warga di CFD.

Akhirnya acara yang mengusung tema “Zero Waste” on Sunday Free Waste ini pun diviralkan oleh warga melalui jejaring sosial instagram dengan berbagai hastag / tagar. Spirit nya adalah kita yakin bahwa tindakan kecil kita hari ini akan berdampak besar di kemudian hari dan mampu menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan agar tidak ada lagi tragedi yang membuat duka satu Indonesia. Jadilah Generasi Keren, Generasi Stop Sampah di Bumi! (RY)

Yel - Yel
(Dari lagu disini senang disana senang)

Disini bersih, disana bersih
dimana mana tak ada sampah
Disini bersih, disana bersih
Jadikan lingkunganmu zero waste

Lalalalalalala Lalalalalalala
Lalalalalalala Ya Zero Waste (2X)

  Komentar untuk ATMAGO X BRITZONE, Generasi Stop Sampah di Bumi!

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!