Atasi Sampah, Kelurahan Serua Punya Bank Sampah Online

36720 medium 22102018
Upaya mengurangi penumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS), Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, kini telah menjalankan program bank sampah. Bahkan, bekerja sama dengan mahasiswa Jurusan Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Negeri Jakarta, program bank sampah tersebut sudah bisa dioperasikan secara online.

“Bank sampah online ini, merupakan sebuah program berbasis IT. Nantinya setiap petugas bank sampah akan melaporkan secara online jumlah sampah non-organik yang terkumpul,” ujar Lurah Serua, Dion Wijaya, Minggu (21/10/18).

Dion menjelaskan, setelah dilaporkan, sampah non-organik tersebut, dapat ditukarkan dengan pulsa telpon, token listrik dan lainnya. Keberadaan sistem online ini, memudahkan para petugas bank sampah dalam memanfaatkan teknologi berbasis online dalam melakukan transaksi tersebut.

“Dalam program ini, juga dapat meminimalisir penumpukan sampah di wilayah. Tak hanya itu, dalam mendukung bank sampah online ini, Kelurahan Serua mendapatkan satu unit komputer yang sudah dilengkapi dengan program untuk melakukan transaksi sampah,” jelasnya.

Dengan adanya bank sampah online ini, Dion berharap, dapat mewujudkan program Kota Depok yang bersih dari sampah. Tak hanya itu, masyarakat lebih aktif dalam memilah dan memilih sampah .

“Insya Allah, dengan adanya kerja sama ini, dapat mengoptimalkan program Pemerintah Kota Depok,” ucapnya.

sumber : Diskominfo Depok
foto : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 21 kali

Komentar