Atasi 10 Masalah Kesehatan dengan Biji Ketumbar

59785 medium post 65607 585f8e0a 5b0a 48b7 897c c4cb2f8492ec 2019 04 27t19 36 04.677 08 00
Biji ketumbar memang mirip seperti lada namun berbeda rasa dan kegunaannya. Ketumbar memiliki rasa yang lebih ringan dan lebih harum sebagai penyedap masakan. Biji ketumbar juga bisa digunakan untuk tujuan kesehatan dan pengobatan serta kecantikan.

Banyak cara mengolah biji ketumbar untuk kesehatan. Di antaranya bisa direbus, direndam, lalu diminum. Atau bisa pula dijadikan minyak esensial untuk kesehatan. Dilansir dari The Statesman, Jumat (26/4), setidaknya biji ketumbar memiliki 10 manfaat untuk mengatasi masalah kesehatan.

Biji ketumbar digunakan untuk mengobati gangguan lambung. Sehingga dapat meredakan sakit perut, mengobati gangguan pencernaan, dan meredakan gas pada usus. Biji ketumbar juga meringankan sembelit dan telah terbukti meningkatkan gerakan usus. Pasalnya biji ketumbar mengandung limonene, cineol, beta-phelandrene, dan alpha-pinene. Komponen-komponen ini diketahui memiliki sifat anti-bakteri dan bisa mencegah diare yang disebabkan oleh bakteri.

Menghilangkan Bau Mulut

Biji ketumbar dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengharumkan napas atau menghilangkan bau mulut.

Obat Diabetes

Biji ketumbar efektif dalam mengendalikan pelepasan insulin dari pankreas. Kehadiran etanol dalam biji ketumbar efektif dalam mengurangi glukosa serum atau gula darah.

Obat Hipertensi

Bumbu ini dikemas dengan serat yang ramah jantung. Lalu juga sangat efektif untuk memodulasi aktivitas usus, yang sangat penting untuk mengelola tekanan darah tinggi. Biji ketumbar juga memiliki efek diuretik yang meningkatkan pengeluaran urin. Rendam sesendok biji ketumbar dalam segelas air semalaman. Saring di pagi hari dan konsumsi airnya.

Turunkan Kolesterol

Biji ketumbar mengurangi kolesterol jahat. Biarkan satu sendok teh biji ketumbar direndam dalam air semalaman dan konsumsilah airnya pada hari berikutnya untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Obat Rematik

Senyawa asam linoleat dan cineole dalam biji ketumbar mengandung sifat anti-rematik serta anti rematik. Mengonsumsi air biji ketumbar dapat mengobati peradangan sendi, rasa sakit dan pembengkakan. Rendam satu sendok teh semalaman dalam segelas air. Saring dan minum di pagi hari.

Obat Kram Menstruasi

Mengonsumsi air biji ketumbar dapat membantu meringankan kram perut dan nyeri saat menstruasi.

Obat Infeksi Jamur

Biji ketumbar mengandung sifat antiseptik dan anti-jamur juga kaya akan antioksidan. Karena itu, biji ketumbar membantu mendetoksifikasi dan mendisinfeksi tubuh. Selain itu bisa menyembuhkan kondisi kulit seperti eksim, kekeringan, dan infeksi jamur lainnya.

Obat Cacar

Sifat antioksidan, antimikroba, detoksifikasi, dan anti-infeksi biji ketumbar meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi rasa sakit, gatal, hingga menenangkan efek cacar lainnya. Biji-bijian ini mengandung vitamin C,sukbet memiliki efek penyembuhan tinggi pada cacar.

Obat Anemia

Penuh dengan kandungan zat besi, bisukumbar ternyata mampu meningkatkan energi dan kesehatan tulang. Karena itu bisa membantu dalam pencegahan dan penyembuhan anemia penyakit kekurangan zat besi. Tumbuk dan tambahkan sebagai bumbu pada setiap menu masakan.

Sumber: JawaPos
Sudah dilihat 63 kali

Komentar