Aplikasi FishOn untuk Jutaan Nelayan Indonesia

61565 medium aplikasi fishon untuk jutaan nelayan indonesia
Menko Bidang Kemaritiman secara resmi menandai program satu juta nelayan berdaulat dengan membuka pelatihan nelayan untuk menggunakan aplikasi FishOn, aplikasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan potensi laut dan mengelola hasil lautnya secara mandiri.

Hadirnya teknologi di tengah nelayan ini disebut sebagai salah satu cara untuk menghadapi revolusi 4.0 mendatang. Ekosistem online dari FishOn ini ditujukan bagi para nelayan yang memiliki kapal di bawah 10 gross ton (GT).

Dalam aplikasi tersebut ada sejumlah fitur yang bisa digunakan oleh para nelayan. Fitur-fitur tersebut adalah fishNet, fishOn.id, fishFresher, gerai fishMart, TPI Online, hingga fishMart.id. Fitur fishNet nantinya akan memungkinkan para nelayan mengakses jaringan internet di tengah laut. Hal ini agar para nelayan tetap bisa mengakses aplikasi FishOn saat berada di tengah laut.

Kemudian, fitur fishOn.id memungkinkan nelayan mencari posisi ikan di tengah laut. Sehingga, hasil tangkapan nelayan bisa optimal. Lalu, juga ada fitur fishFresher yang menyediakan cairan hasil olahan bahan-bahan alami yang bisa menjaga ikan tetap segar selama 45 hari. Hasil tangkapan nelayan juga bisa dijual langsung gerai fishMart.id.

Tak hanya di gerai fishMart.id, para nelayan juga terhubung dengan para pembeli besar di tempat pelelangan ikan (TPI) online. Aplikasi berbasis android ini juga memiliki fitur informasi pencurian ikan, pengawetan ikan, penjualan ikan, komunikasi pencatatan hasil tangkapan ikan, panic button untuk permintaan bantuan dalam kondisi darurat, fitur pembayaran elektronik dan fitur belanja kebutuhan sehari hari.

Sumber: IndonesiaBaik (Kemenkominfo RI)
Sudah dilihat 39 kali

Komentar