APA YANG TERJADI JIKA KAMU KELEBIHAN GARAM

39990 medium post 47391 8dfa0e20 6823 415a 9471 232d75e21d9b 2018 11 21t15 17 33.664 07 00
Kini kasus penyakit degeneratif/kronis semakin banyak ditemukan, diabetes, hipertensi, stroke dll. Bahkan penyakit jantung menjadi penyebab kematian nomor 1dibanding penyakit lainnya.

Salah satu faktor yang memperbanyak penyakit kronis adalah semakin tingginya konsumsi gula, garam, dan lemak per hari. Berbagai penelitian, para ahli kesehatan, dan lembaga kesehatan baik di dunia bahkan pemerintah sudah menyarankan membatasi asupan gula, garam, dan lemak di semua makanan yang kita konsumsi untuk mencegah timbulnya penyakit kronis.

Garam dapur terbuat dari natrium (40%) dan klorida (60%). Natrium berfungsi mengikat air dan mempertahankan cairan dalam keseimbangan yang tepat.

Apa yang terjadi jika natrium di dalam darah berlebih karena kita terlalu banyak konsumsi makanan tinggi natrium?

Peningkatan kadar air di darah yang mengakibatkan tekanan darah meningkat. Jika tekanan darah meningkat, jantung harus bekerja lebih keras untuk mendorong darah ke seluruh tubuh dan ada peningkatan tekanan pada arteri dan berbagai organ.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit serius, seperti penyakit jantung, stroke dan gagal ginjal.
Maka jelas, bahwa konsumsi natrium terlalu banyak dapat meningkatkan resiko kita terkena berbagai penyakit berhubungan dengan pembuluh darah.

Ingat, meskipun kadar natrium banyak didapat dari garam dapur, tetapi masih banyak sumber natrium pada makanan yang sering kita makanan dan tidak kita sadari, misalnya pada makanan kemasan/snack yang kita konsumsi sebagai camilan, makanan siap saji, atau saus,kecap, dan sambal.

Penelitian tentang food review pada tahun 2013 menunjukan bahwa konsumsi natirum orang Indonesia justru banyak didapat dari garam/saus/kecap yang ditambahkan sendiri oleh kita dibanding yang sudah terkandung di makanan yang kita makan.

Berapa batasan nutrium sehari nya? Kita sebaiknya membatasi asupan natrium tidak boleh lebih dari 2300 mg per hari atau setara dengan 5-6 gram/1 sendok teh garam dapur.

Penulis: Aldis Rusli, SKM, CNWC
(Nutritionist SAYAFEELGOOD)

*ABOUT SAYAFEELGOOD*
Sayafeelgood curates delicious healthy meals from all over the world & cook them for You. It's Healthy, fun, feel good, flexible dieting.

*WEEKLY ORDER NEXT BATCH*
Delivery Time :
Mon-Fri, Nov 26 - 30, 2018
Order Deadline:
Friday, Nov 24, 2018

Check out our next week menu as well as their nutrition facts on our Instagram

*GAK SEMPET ORDER MINGGU LALU BUAT KIRIM MINGGU INI?*

*SEKARANG BISA!*
*BELI 1 MEAL, ORDER HARI INI, DIANTER BESOK!*

Liat instagram @sayafeelgood untuk tau menu dikirim besok!

Info & Order
WA: +62 858-8381-2260
(Dede-Admin).
IG/FB: @sayafeelgood
www.sayafeelgood.com
Sudah dilihat 36 kali

Komentar