Antisipasi DBD, Puskesmas Babelan Gelar Penyuluhan

32041 medium 111ytr 32042 medium 1111rqg
Puskesmas Babelan menggelar Penyuluhan di Aula Kantor Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Senin (3/9/2018) guna menghindari bahaya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Acara tersebut dihadiri oleh Kepala uskesmas Babelan, Sekretaris Kecamatan Babelan, seluruh staf dan petugas medis Puskesmas, dan para ibu-ibu Kader Desa Babelan Kota.

“Alhamdulillah sekarang lagi berlangsung penyuluhan tentang pencegahan DBD di Desa Babelan Kota. Insyaallah kita serius untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Kepala Puskesmas Babelan, Salim Jindan, melalui WhatsApp Messenger-nya, Senin (3/9).

Menurut Salim, musim hujan akan meningkatkan potensi timbulnya gangguan kesehatan. Salah satunya DBD. Genangan air dan kantung-kantung penyimpanan air dapat menjadi media nyamuk Aedes Aegypti berkembang biak. Dijelaskannya, tiga hal yang perlu diterapkan dalam pemberantasan nyamuk. Yakni, pencegahan perkembangbiakan nyamuk melalui pemberantasan sarang nyamuk, pemberantasan jentik nyamuk dan pemberantasan nyamuk dewasa.

“Tahapan sebelum dilakukan fogging adalah dilakukannya pem- jentik nyamuk, terutama daerah-daerah yang dicurigai adanya kasus DBD. Namun persiapan fogging bersama kelurahan dan desa kita upayakan bila diperlukan,” terangnya.

Ditambahkannya, pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga perlu mendapat dukungan dari semua pihak, dan salah satu langkah kongkrit yang akan dilaksanakan oleh pihaknya ialah intensis sosialisasi menjaga kesehatan dan kebersihan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat juga wajib tahu bahwa fogging sifatnya hanya sementara untuk mengusir nyamuk, dan untuk mencegah kasus DBD sangat diperlukan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka membasmi jentik nyamuk di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Yang paling utama adalah kesadaran masyarakat untuk bersama melakukan pencegahan dengan 3M (menguras, menutup dan mengubur),” tutupnya.
Sudah dilihat 26 kali

Komentar