Angkot Berusia Lebih 20 Tahun Terancam Dikandangkan

64098 medium angkot husnul
oleh : Husnul Khatimah
BOGOR TENGAH,AYOBOGOR.COM--Angkutan kota berusia di atas 20 tahun terancam tidak bisa beroperasi di Kota Bogor. Hal ini sesuai edaran surat Dinas Perhubungan tentang usia pembatasan angkutan dalam trayek dan mekanisme perpanjangan perizinan perangkotan (KIR) .
"Edaran itu meminta angkot yang usianya di atas 20 tahun untuk di remajakan kira-kira masuk akal gak? masuk akal, kan sudah 20 tahun," ujar Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim, Selasa (18/6/2019).
Meski demikian, pihaknya saat ini sedang mencari formulasi untuk menerapkan kebijakan baru tersebut sebab belakangan imbauan itu mendapat keberatan oleh organda.
"Kita sedang cari formulanya untuk menyeleraskan antara edaran dari dinas perhubungan dengan kendala yang dihadapi organda terkait dengan tidak lagi memberikan ijin KIR untuk angkot yang diatas 20 tahun dengan keinginan organda untuk tetap (memberikan KIR)," ungkap Dedie.
Diakui, pihaknya akan duduk bersama dengan organda untuk mendengarkan keluhan mereka terkait imbauan itu.
"Harus kita pikirkan bersama lah. Kalau belum ada hasil coba duduk bersama tapi secara realistis memang apa iya angkot diatas 20 tahun tidak diremajakan dan masih dipakai," katanya.
Sementara itu Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bogor, Jimmy Hutapea mengatakan, sesuai aturan undang-undang angkot di atas 10 tahun sebenarnya sudah tidak diperbolehkan beroperasi namun pemkot memberi keringan menjadi 20 tahun. Dia berharap para pengusaha mematuhi aturan tersebut.
"Tujuannya lebih kepada menjamin keselataman penumpang dengan angkutan yang lebih baik, yang namanya sudah 20 tahun kan sudah tua sekali. Ini sudah ada regulasi, angkot batas maksimalnya 10 tahun," katanya.
Sudah dilihat 57 kali

Komentar